Sabtu, 19 September 2009

DIGI HARI: 4 THE NEXT 2 HOURS

KRIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG!!

Jam weker tua Digi berbunyi pas jam 09:45. Tangan Digi refleks mematikan weker tua yang dijamin bisa bangunin orang sekampung itu, weker tua itu langsung mati, tapi Digi tetep tidur, tanpa terganggu apapun.

Lima menit kemudian, alarm di HP GSM-nya bunyi, DIgi bangun sekilas, dan ngeliat ke HP yang masih dua warna itu: 09:50. Digi mematikan alarm handphonenya, dan berganti posisi tidur, terus merem lagi.

09:55. Digi terbangun sebentar karena mendengar suara motor cempreng yang lagi dipanasin sama salah satu temen kostnya. Digi cuman ngambil bantal, dan menutup mukanya, pulas lagi..

Belum sempet suara ngorok Digi keluar dari hidungnya, alarm di HP CDMA-nya sekarang yang berbunyi. Alarm itu sekaligus juga reminder yang bertuliskan, “Buruan bangun Kebo! Kalo lo ngga bangun sekarang.. for the next two hours, dIjamin lo bakal rugi setengah mati, sampe lo setengah idup!”

Digi melonjak kaget dari kasurnya, dan panik melihat jam di temboknya yang nunjukin jam 10 pagi pas! Tambah kaget waktu baca reminder yang ditulisnya sendiri di HP-nya kemarin.

Aneh.. padahal kan dia yang bikn sendiri reminder itu, ehh.. koq tetep kaget setengah mati??

Digi bangun dari kasurnya, sempet mau jatoh lagi karena masih setengah sadar, untungnya sempet pegangan sama tembok, dan beberapa detik posisinya aneh: tangan kanannya pegangan tembok, badannya miring mau jatoh, mata masih setengah kebuka setengah ketutup.

Ngga lama dia sadar, dan berdiri tegak. Buka gorden kamarnya, “Waduh!! Udah terang banget ya..??”

Diluar, temen kostnya yang tadi nyalain motor cemprengnya, sekilas ngeliat ke kamar DIgi dan nyengir ngeliat DIgi yang lagi kesilauan, “Bangun, Gi..?? Tumben jam segini udah bangun..”

Digi bermaksud membalas sapaan temennya itu, tapi tiba-tiba perutnya bereaksi dengan sangat dahsyat: minta dikeluarin! Langsung aja Digi ngebuka pintu kamar sambil ngga lupa bawa majalah buat temen nongkrong. Dia setengah berlari ke kamar mandi di luar.

“Udah ada yang ngisi, Gi..” Kata temennya yang masih diluar dan sekarang udah siap di atas motor, tinggal berangkat.

“Sial!” Kata Digi di dalem hati. “Udah lama?”

“Baru aja.. Hehehe.. Sabar ya, Gi.. Dari muka lo, kayaknya lo lagi kebelet banget yak..? Mau gw anterin ke pom bensin depan ga..? sekalian gw berangkat kuliah neeh..?”

“Ha..? Ngga lah..” Digi ngga begitu nyimak. Antara masih ngantuk, sama sakit perut dahsyat, bikin peredaran darah ke otaknya ngga lancar, jadi dia ngga bisa mikir beneran.

“Gw coba kamar mandi satunya lagi aja deh..” Tapi temennya tadi udah langsung berangkat tanpa Digi sadari. Dan dia setengah berlari ke kamar mandi belakang, yang ternyata.. udah diisi juga!

“Duhhh.. Siapa di dalemmmm??” Kata DIgi sambil menahan perutnya, yang kayaknya udah mau meledak kalo ngga dikeluarin segera.

“Akuuuuuuuu!!” Suara cowok cempreng kedengeran dari dalem kamar mandi.

“Aduh!! Lama deh dia pasti kalo di kamar mandi!” kata Digi dalem hati.

“Digi ya..? Bentar ya, Gi.. Ini tinggal keramas aja koq..” Kata suara dari dalem kamar mandi lagi.

Tapi Digi udah pergi dari situ.. harapan terakhirnya adalah kamar mandi di dalem rumah Ibu Kost-nya. “Kalo ada yang ngisi juga.. “Masa iya gw harus ke pom bensin di depan..?”

Untungnya kamar mandi di rumah Ibu Kostnya ngga ada yang ngisi. Kosong plong!! Digi langsung masuk dan nutup pintu kamar mandi. Ambil posisi yang enak, dan.. “Ahhhhhhh..” Suara Digi bergaung di kamar mandi, merasakan kenikmatan buang air besarnya.

15 menit kemudian Digi selesai, sebenernya cuman lima menit pub-nya, tapi di tambah baca artikel di majalah, jadi total jenderal 15 menit. Ngga penting ya..? he..

Digi berdiri mau nyiram, waktu tiba-tiba dia teriak dengan gaya pemain sinetron, “Tidaaaaaaaaaaaaakkkk..!!”

“Kemana airnya..?? koq kosong begini baknya..??” Digi mulai panik, ditambah lagi waktu keran airnya ngga ngeluarin setetes airpun.
TOK TOK TOK TOK..!!

Suara ketukan di pintu kamar mandi, menambah panik Digi, “Siapa di dalem ya..? itu kamar mandinya baru mau di kuras..”

Suara Ibu Kost bikin Digi jadi makin salah tingkah, “Digi, Bu.. Tadi kebelet banget. Tapi kamar mandinya penuh semua.”

“Wah.. Padahal kan ngga ada air di baknya.. kerannya bisa ngga..?” Bales Ibu Kostnya dari luar kamar mandi.

Kebayangkan situasinya? Digi yang setengah telanjang, baru selesai ritual, belum bersih-bersih karena ngga ada air, dan sekarang harus ngejelasin situasi sama Ibu Kostnya. Euhhh.. Situasi yang ngga enak banget pasti..

“Airnya abis, Bu kayaknya.. Ngga keluar sama sekali tuh..” Bales Digi.

“Oh iya.. belum dicolokin tadi pompanya.. bentar yaa..” terdengar suara langkah Ibu Kost menyalakan pompa air. “Kamu tunggu bentar sekarang ya.. Udah dinyalain.. ibu masuk dulu kalo gitu..”

“Iya, Bu..” Kata Digi dengan suara ngga enak. “Waduh.. Terus ngapain gw??? Mati gaya kebangetan kalo kayak gini mah namanya..”

Lima menit kemudian air mulai netes dari keran.. dengan susah payah Digi ngumpulin tetes demi tetes air untuk nyiram hajatnya plus bersih-bersih. Lebay ah ya..? hehehe..

Digi masuk kamar untuk naro majalahnya dan bersiap-siap buat mandi, semua kamar mandi udah kosong sekarang. Ketauan dari dua kamar kost di sampingnya yang udah wangi sama parfum macem-macem.

“Whaaaaaaaaaaatttttttttttttt..??” Lagi-lagi Digi histeris kayak pemain sinetron. Dua temennya yang lagi sibuk siap-siap mau berangkat kuliah, sampe celingukan keluar kamar buat mastiin suara apa tadi.

“Gila!! Sepuluh menit lagi jam 11!! Ngga mungkin! Ngga mungkin banget ini!! Telat mampus gw!!” Digi ngomong sendiri sambil panik.

Lagi panik gitu, HP GSM-nya bunyi. Alarm plus reminder: kalo lo baca pesen ini dan masih d kost juga, mampus lo!!

Ngga pake pikir panjang, DIgi langsung ngambil celana panjang di gantungan belakang pintu kamarnya. Ngambil kemeja plus semprat semprot segila-gilanya. Ngga pake mandi. Digi langsung tancap gas lari ke garasi, buat ngambil motornya.

Sambil manasin motor, DIgi ngecek bawaan di tasnya: proposal skripsinya udah tersimpan rapi di dalemnya. “Sipp..” Batin Digi. “Kalo ini sampe ketinggalan pas gw udah nyampe kampus, mati aja deh sekalian..”

Ini yang bikin hidup Digi kalang kabut kayak supir bis ngejar setoran. Jam 11 tepat dia janjian sama dosen pembimbingnya buat ngasih revisi final proposal skripsinya. Setelah itu Dosennya ada tugas ke luar pulau. Otomatis, ini adalah kesempatan terakhir DIgi buat nyelametin nasibnya sebagai mahasiswa.

Digi sekarang lagi siap-siap mau ngunci pagar kost, waktu HP GSM-nya lagi-lagi berbunyi nyaring gara-gara alarm plus remindernya yang sekarang berbunyi: masih belum berangkat juga??! Gila lo!! Udah jam 11 ini!!

“Iye.. Gw juga tau! Bawel!!’ Umpat DIgi, dan ambil gas seribu langsung ke kampus. Kalo langkah seribu kan lari, lha ini kan naik motor, jadi.. namanya gas seribu donk.. hehehe..

Mungkin karena Digi belakangan ini udah mulai jarang sedekah sama anak-anak jalanan di perempatan, kayaknya Tuhan mau ngasih cobaan lebih neeh ke Digi. Baru aja berapa ratus meter dari jalan ke luar kostnya, keliatan ada kerumunan motor di depan. Digi yang udah hapal banget sama situasi kayak gitu, langsung tahu ada apa: razia motor!!

“Duh.. Dosa apa gw ini yaa..?” Kata Digi dalam hati. Tapi Digi ngga kehabisan akal, dia ngeluarin kartu sakti yang ngga dimilikin sama semua orang: Kartu Pers!

Beberapa kali dia bisa selamet dari razia gara-gara kartu ini, dengan alasan mau reportase kejadian penting, dia bisa selamat dari razia. Sambil nyium kartu persnya, Digi berdoa semoga masih ada nasib baik buat dia hari ini.

“Selamat Siang, Pak..” Polisi muda yang kebagian memeriksa Digi menyapa.

Digi udah siap dengan pasang muka buru-buru, urgent, dan sok penting, “Maaf, Pak. Saya wartawan, saya sedang mencoba untuk mengejar liputan penting di daerah selatan. Dan saya sudah sangat terlambat. Ini peristiwa penting Pak! Bisa gawat kalau saya ngga sempet ngeliput ini!” Kata Digi sambil ngga lupa ngacung-ngacungin kartu persnya.

Polisi muda itu keliahatan bingung. Mau nanya ke temennya, semuanya keliatan lagi pada sibuk. Dan akhirnya, “Baiklah kalau begitu. Selamat bertugas, Pak.. Maaf menghambat Anda.” Polisi itu akhirnya ngelepasin DIgi, “Tapi Bapak dari media apa ya..?”

Sayangnya Digi udah ngambil gas seribu lagi, waktu Polisi muda itu sadar, dia belum nanyain Digi dari media apa.

Sambil tersenyum geli dan puas, Digi ngelanjutin perjalanan ke kampusnya. Zig-zag bahaya dia lakuin demi mengejar dosen pembimbingnya yang kayaknya seeh udah mau pergi. Secara DIgi udah lumayan terlambat dari jam janjiannya.

Tapi emang bener ya kata orang tua, bohong itu ngga baik. Dan kayaknya Digi kena tulah, tinggal beberapa kilometer lagi dari kampus, tiba-tiba motor tuanya mati mendadak kayak orang kena serangan jantung. Bisa bayangin ngga? Hehehe..

“Walahhhhh.. Kenapa lagi ini..?” DIgi berteriak histeris, sambil refleks ngebuka tutup tangki bensinnya. “Shit!! Habis lagi bensinnya..”

Ngga ada jalan lain selain nyari tukang bensin eceran di pinggir jalan. Tapi sayangnya sampe di gerbang kampusnya, ngga ada satupun tukang bensin eceran yang jualan, “Gila.. Hari libur bersama tukang bensin ya??”

15 menit sebelum jam 12 DIgi nyampe parkiran kampusnya. Ngga pake kunci stang, Digi langsung lari ke lantai dua, ruang dosen-dosen jurusannya berkumpul. Sempet kecepatannya berkurang waktu ngeliat geromobolan cewek-cewek mungil dan manis yang pastinya angkatan baru, lewat di depannya. “Heh!! Fokus. Fokus!!” Kata hatinya ngingetin.

Setelah sadar.. Digi langsung balik fokus, dan ngelompatin tangga sekaligus dua, biar lebih cepet maksudnya. Tapi efeknya, dia jadi ngos-ngosan dan mual karena belum sarapan. Ditambah lagi ngedorong motornya yang mogok tadi, tapi, “Ngga ada waktu buat istirahat!!” Digi nyemangatin dirinya sendiri.

Sekretaris jurusan udah siap berdiri mau ke kamar mandi waktu DIgi nyampe di ruang jurusan, “Mbaaaa..” Digi lagi-lagi bergaya sinetron. “Mas Worry masih ada kan, Mba..?”

“Yahhh.. Baru aja keluar tuh, katanya dia udah nungguin kamu dari tadi ya..? kemana aja..?”

Belum sempet Sekretaris Jurusan itu selesai nanya, Digi udah langsung ambil langkah seribu lagi, berharap Mas Worry masih ada di parkiran. “Baru aja telat ngga nyampe sejam, udah ditinggal!”

Busyet.. bukannya itu seeh namanya udah telat banget ya..??

Sekarang DIgi ngga meduliin rombongan cewek-cewek cakep yang baru aja kelar kuliah yang lewat di depannya. Pikirannya cuman satu: jangan sampe Mas Worry pergi sebelum dia bawa proposal skripsinya!

Bener juga kata orang ya, kalo lagi kepepet apapun bisa terjadi! Digi yang biasanya ngga kuat lari, sekarang tiba-tiba bisa lari cepet banget, walaupun lebih cepet Gundala Putra Petir seeh, bahkan dia sempet ngelompatin pager taneman yang misahin bangunan kampus sama parkir mobil dosen. Dan..

“Mas Woooooorrrrrrrrrrryyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy..!!!!”

Teriakan DIgi bikin semua orang yang ada noleh ke arahnya. Tapi DIgi ngga peduli. Dan orang yang dipanggil, baru aja masukin satu kaki ke mobil, langsung noleh ke arah suara dateng. “Digi..?”

“Mas.. Worry..” Kata DIgi sambil ngos-ngosan. “Maaf.. Saya.. terlambat..” Digi menarik nafas panjangnya. “Ini.. Proposal.. Revisi.. Final.. Saya..” kata Digi sambil ngeluarin tumpukan kertas dari tasnya. Dan setelah satu tarikan nafas panjang terakhir, “Semoga belum terlambat, Mas..”

“Hah..?” Mas Worry masih kaget karena DIgi yang muncul tiba-tiba dengan hebohnya. “Kamu abis lari marathon ya..? Koq kayak abis dikejar setan gitu..?” kaki kanannya masih di dalem mobil, dan kaki kirinya masih diluar.

“Lha.. Tadi kata Mba Sekretaris Jurusan, Mas Worry udah mau pergi..?”

“Hahaha.. Saya cuman mau ngambil buku saya yang ketinggalan di mobil kok.. abis itu ya balik lagi ke jurusan.. tapi kamu emang lama banget ya tadi? Janjian jam 11 kok jam segini baru keliatan..?” Mas Worry yang sadar kalo posisinya aneh, akhirnya ngeluarin kaki kanannya, “Oh iya.. saya belum ngasih tahu ya..? jadwal saya tugas ke luar pulau diundur.. sampe minggu depan.. No Hp kamu hilang.. jadi saya ngga sempet ngasih tahu..”

“Whaaaaattttttttttttttt….???””

Kali ini teriakan tragis Digi yang kedengeran histeris banget memecah panas di siang hari bolong. Bahkan sampe burung-burung yang ada di pohon rindang di samping mobil Mas Worry terbang menjauh..

4 komentar:

  1. whaaaaattts!!! hahahahaha.....
    apes banget sih gi..
    hey, minal aidzin ya ^^

    BalasHapus
  2. Hehehe..
    As Daniel Powter Says, "Bad Day.."

    BalasHapus
  3. kapan sih digi lulusnya??? penasaran..

    BalasHapus
  4. kalo nobita udah lulus sd kali yaa..
    hehehe..

    BalasHapus