Rabu, 23 September 2009

DIGI HARI: …

Rabu malam, lewat tengah malam lebih tepatnya. Lagu After Tonight dari Justin Nozuka kayaknya pas banget buat ngegambarin mood malam ini buat Digi.

Jam di sudut pojok bawah sebelah kanan di taskbar laptopnya Digi nunjukin udah hampir jam dua pagi. Diluar ujan makin deres aja, untungnya ngga pake petir dan kilat, cuman ujan deres aja. Kayaknya ujan ini sengaja bikin suasana malam ini jadi makin gloomy.

Dengan suasana kayak gini, biasanya Digi udah nyenyak banget tidurnya. Selimut bakalan nutupin semua badannya, dengan bantal dan guling yang pasti udah nemenin dia ditidurnya. Tapi kayaknya semua itu ngga bikin Digi tergoda, khusus malam ini.

Digi menyeruput kopi hitamnya. Belakangan ini Digi makin sering tidur larut, dan selalu ditemein sama segelas kopi hitamnya. Mungkin Digi terpengaruh sama kata almarhum Mbah Surip, “Kalau mau hidup bahagia.. kurangin tidur banyakin ngopi.. Hahaha..”

Cuman sayangnya ketawanya almarhum Mbah Surip ngga bisa bikin Digi ikutan ketawa. Digi menarik nafas panjang dan sekilas melihat kedua HP di bantal kasurnya. Ngga ada satupun sms yang masuk di HP GSM-nya. Ngga ada satupun telepon yang masuk di HP CDMA-nya. Ngga ada satupun dari pacarnya tepatnya..

Sepi banget.. Padahal biasanya pacarnya itu selalu rajin sms atau telepon. Walaupun kadang juga ngga penting menurut Digi. Hampir tiap jam ada sms masuk dari pacarnya, dan beberapa jam sekali DIgi ditelepon. Kadang bikin DIgi sebel juga, soalnya kan Digi ngga selalu dalam kondisi yang memungkinkan untuk menjawab semuanya itu. Kadang kan dia lagi tidur, atau lagi pub, atau bahkan lagi nonton film. Ngga penting ya sebenernya..? hehehe..

Digi menarik nafas panjang sekali lagi.. Karena dia bukan tipe orang yang suka curhat, jadi Digi jarang banget cerita-cerita ke temen-temennya. Dan solusi paling ampuh adalah.. belajar dari pengalaman orang lain yang lagi bernasib sama. Caranya..?

“Online Facebook ahhh..” Digi ngomong sendiri sambil membuka browser di laptopnya.

Ketika sudah mengetikkan nama situs jejaring sosial yang kayaknya bikin semua orang jadi autis kalo udah online itu, dia langsung masuk ke halaman pribadinya. Karena Digi ngga pernah log out dan udah di remind, jadi otomatis halaman pribadinya yang bakalan selalu muncul pertama di Facebook.

Digi ngecek beberapa Inbox yang masuk, ngga ada yang penting. Friend request, “Ngga ada yang kenal..” Tapi Digi tetep meng-accept friend request yang masuk. Karena dia selalu inget kata orang tuanya, “Jangan suka pilih-pilih temen..” Dan itu juga dipraktekin sama Digi walaupun di dunia maya. Ah.. such a good boy..

What’s on your mind..?

“Nothing..” Kata Digi ke laptopnya membaca pertanyaan pembuka kolom status di Facebook yang jadi ajang eksistensi individu di dunia maya itu. Digi bukan tipe orang yang suka ngasih tau apa yang ada di pikirannya ke orang lain. Jadi kolom statusnya selalu kosong. Selalu. Tapi..

“Ngecek status orang aja yang lebih seru, hehehe..” Kata Digi sambil mulai mengecek status temen-temennya. Tangan kanannya sibuk meng-scroll down mouse. Berharap ada status yang nggambarin perasaan yang sama dengan dia saat ini.

Dua menit berlalu dan, “Ah.. Ngga ada yang seru!” Digi nyaris meninggalkan Facebooknya, dan mau membuka tab baru ketika ada satu notification yang ngasih tau kalo Tyas Angelina, temen SMA-nya dulu, yang cakepnya ngalah-ngalahin Tyas Mirasih atau bahkan Angelina Sondakh. Ih.. nama yang terakhir ngga salah tuh..??!!

Notification-nya berbunyi: Tyas Angelina is now single.

“Lagi..?” Kata Digi dalam hati. Seinget Digi, temennya ini sering banget gonta-ganti pacar. Yah.. ngga salah juga seeh. Namanya juga cewek cakep, pasti bisa punya banyak pilihan. Tapi kalo sering putus gitu, apa ngga sakit ya..?

Hmmn.. Rasa penasaran Digi bikin dia mengarahkan kursor-nya ke arah nama Tyas Angelina dan mengklik namanya. Ngga berapa lama, halaman Facebooknya udah ganti jadi halaman depannya Tyas Angelina. Foto profilenya masih juga nampilin Tyas yang.. harus diakuin bikin semua cowok bakal betah mandangin fotonya lama-lama. Dengan kulit putih, mata biru, rambut panjang, senyum yang manis banget, plus fotonya ber-tank top pula. Siapa yang ngga nolak..?

Ternyata Digi bukan orang pertama yang tahu situasi Tyas terbaru. Digi juga bukan orang yang pertama yang langsung masuk ke halamannya Tyas. Buktinya, udah banyak comment yang masuk ketika Tyas ngganti statusnya itu.

Dan bisa ditebak, kebanyakan comment yang masuk adalah dari cowok-cowok yang pastinya pada seneng banget tau Tyas sekarang available dan itu artinya semua cowok punya kesempatan yang sama buat dapetin Tyas sebagai pacarnya.

Tapi anehnya, Digi ngerasa ada sesuatu yang berbeda sekarang. Ngga tau, feeling aja. Dan Digi mengetik sebuah message ke Tyas..

“Putus lagi..?”

Setelah meng-send-kan messagenya, Digi jadi inget dulu waktu dia masih SMA. Tyas Angelina dulu waktu SMA adalah CEKIBER, alias Cewek Kita Bersama. Atau bahasa dulunya adalah kembang sekolah.

Digi sempet naro hati juga sama Tyas ini, tapi ngga pernah lebih daripada itu. Karena DIgi udah berpikiran cukup realistis waktu itu: banyak cowok selain dia yang ngejar-ngejar Tyas, dan pastinya cowok-cowok yang ngejar dia punya kelebihan dibandingin DIgi yang waktu SMA cupu banget. Jadi.. yaaa.. Digi cukup puas aja jadi secret admirer-nya Tyas.

Tapi ngga disangka, DIgi sempet deket sama Tyas, walaupun ngga jadian, dan pastinya tetep bikin sirik cowok-cowok lain, gara-gara mereka pernah bareng jadi panitia Buku Tahunan plus acara Perpisahan Sekolah. Waktu itu, DIgi jadi ketua panitia-nya, dan Tyas jadi wakilnya. Otomatis mereka selalu bareng kemana-mana. Jangan tanya saya kenapa Digi yang cupu itu waktu SMA jadi ketua panitia Buku Tahunan dan Perpisahan Sekolah ya.. ---tanya Kepala Sekolahnya DIgi aja.. Hehehe..

Lamunan DIgi terbuyarkan ketika ada message yang pop up di kolom chat di Facebook-nya, “Iya nih, Gi.. Putus lagi gw.. Duh.. Sedih banget ya jadi gw..?” Tyas memulai percurhatannya malam ini.

“Kenapa lagi sekarang..?” Digi mengetik jawabannya pelan.

“Ahhh.. Ngga tau deh, Gi.. Mungkin ini emang udah nasib gw kali ya..?” Ngga berapa lama Digi langsung dapet jawabannya.

“Nasib lo gimana maksudnya..?” Digi masih belum paham arah pembicaraan Tyas. Tiba-tiba..

Tyas Angelina is no longer online..

“Lho..? Kok malah offline..?” DIgi ngga ngerti.

BUZZ!!

“Lewat YM aja ya, Gi ngobroolnya.. Lewat Facebook ribet. Kecil banget kalo mau chat..” Tyas tiba-tiba udah online via YM.

“Ohhhh, gitu.. Ok Ok..” Bener juga kata Tyas. Enakan lewat YM. Hidup YM! Halah.. lebay deh..

“Jadi.. Gimana..?” Digi nyambung lagi.

Tyas ngetikin balesannya, “Jadi gini..”

Balasan Tyas cukup panjang juga. Lumayan satu paragraf panjang kalo di kertas polio. Jadi ceritanya Tyas akhirnya udah nemuin The One-nya. Setelah berkali-kali gonta-ganti pacar.

“Gw akuin.. Kebanyakan emang gw yang mutusin mereka Gi..” Ketik Tyas.

Digi ngasih simbol smiley lagi garuk-garuk dagu, tanda ga percaya.

“Iya.. Iya.. Gw akuin.. Gw semua yang mutusin mereka!” Bales Tyas cepet.

Dan sekarang Tyas ngaku nyesel udah mutusin pacar-pacarnya dulu secara sepihak dan tanpa keterangan lebih lanjut.

“Tapi itu semua karena gw emang ngerasa ngga cocok aja sama mereka..” Tyas membela diri lagi.

Lagi-lagi Digi ngasih simbol ketidakpercayaan.

“Iya deh.. Selain itu karena gw juga bosenan orangnya.. Hehehe..” Tyas kayaknya udah sadar kalo ngga bisa bohong sama Digi. “Tapi yang ini gw udah serius dan cinta mati!”

Bahkan Tyas cerita kalau dia udah siap nikah sama cowok ini. Perut DIgi sempet berasa ketonjok waktu tau Tyas udah siap mau nikah.

“He’s The One.. Pokoknya.” Bales Tyas cepet.

Tapi sayangnya, ternyata Tyas bertepuk sebelah tangan. Cowoknya ini tiba-tiba ngilang begitu aja, setelah..

“Setelah dia nyolong mobil gw!”

“Pfiuhhhh..” Digi menghela nafas lega waktu tau bukan seperti yang ada di bayangannya yang terjadi sama Tyas.

“Kalo sekarang lo tau dia ngga lebih dari maling.. kok lo masih sedih gini..?”

“Yahh.. Gimana ya, Gi.. Dia sosok cowok idaman gw banget.. Kriterianya udah klop banget sama impian gw.. Waktu pertama kenal, gw pikir dia Pangeran yang jatoh dari langit..”

“Emang cowok-cowok sebelumnya ngga..?”

“Hmmn.. Ngga ada yang kayak gini deh.. Kalo yang ini.. Bener-bener bisa memperlakukan gw seperti perempuan satu-satunya buat dia. Gw berasa di sayaaaaaaaaang banget sama dia.. he treated women very well..”

“Emang kayak gimana seeh perlakuan dia..? Sampe lo berasa kayak Tuan Putri gitu..?”

“Yahh.. simple aja seeh sebenernya.. Semua yang dibutuhin perempuan: perhatian dan kasih sayang.”

“Udah.. itu doank.?”

“Yup!”

“Wow.. Sederhana banget ya.?”

“Tapi ngga semuanya bisa, Gi..”

“Iya seeh.. Tapi, masa cuman gitu doank.? contohnya deh.. apa seeh yang dilakuin cowok itu ke elo..?”

“Yahhhh.. Apa ya.. Dia rajin nanyain kabar gw.. gw lagi ngapain.. gw lagi dimana.. udah makan apa belon.. simple kayak gitu aja.. tapi, gw jadi berasa sama dia terus walaupun ngga sebenernya.. Itu cuman hal-hal kecil aja.”

“Malah ngga ganggu ya di tanyain kayak gitu tiap saat..?”

“Ngga ah.. mungkin gw emang tipe orang yang lebih cocok digituin.. Eh, kok jadi elo yang nanya-nanya.. Hmmn.. kayaknya ada yang lagi butuh curhat juga nih..”

“Ah.. Ngga kok.” DIgi membalas cepat. Daripada ketauan. “Tapi.. bukannya semua cowok yang pernah deket sama elo juga ngelakuin hal yang sama ya..?”

“Iya.. pas awalnya aja.. pas lagi ngedeketin.. tapi pas udah lamaan dikiiiit aja.. huh! Pas lagi butuh aja dia merhatiin..”

“Masa seeh..? Cowok lo yang terakhir ini emangnya ngga..?”

“Beda banget, Gi.. Lagian ngga semua cowok punya touch kayak gitu.. dan yang ini.. He’s got the touch!”

“Aduh.. Apa lagi itu..? Cewek emang sulit ya..”

“Eh. Kok gitu..? Hmmn.. Bener nih ngga ada yang mau diceritain..?” Tyas mulai mancing-mancing.

“Ngga ada..” Digi membalas singkat.

“Yakin..?” Tyas ngga lupa ngasih simbol jail di message-nya.

Digi cuman membalas dengan simbol cengiran lebar.

“Ok deh.. Kalo gitu..” Tyas akhirnya menyerah.

“Jadi.” Digi mengetik message-nya sambil mikir. “Apa yang bakal lo lakuin sekarang..?”

“Ngga tau deh.. Tapi yang jelas ngga mungkin kan gw kayak gini terus..?”

“Bener.. Masa iya lo kayak gitu teru.. Sayang donk jadi cewek cakep ntar, Hahaha.. Mungkin..” Digi mengetik pesan lanjutannya, “Ada yang lo dapet dari kejadian ini..?”

“Ngga ada.. Mobil gw malah ilang!” Tyas membalas dengan simbol sedih. “Ahh.. Ternyata semua cowok sama aja ya, Gi..? Cuman mau dapetin apa yang dipengenin, abis itu ditinggal.. Damn!”

“Eh Eh Eh.. Ngga semua cowok ah.. Lo belum nemu yang tepat aja..” Digi serba salah juga kalo kayak gini..

“Iya.. Pas gw nemu yang gw pikir jodoh gw.. ternyata maling.. atau pas gw nemu yang udah cocok banget sama gw.. ternyata gay!”

“Hah..??! Lo pernah pacaran sama gay..?”

“Ssstt.. cukup satu cerita buat satu malem..” Tyas membalas dengan tambahan icon jail. “Bye, Gi.. Thx ya..”

Tyas Angelina is offline..

Lagi-lagi DIgi menarik nafas panjang.. udah nyaris subuh sekarang. Ujan udah mulai berenti. Dan sekarang nyisain dinginnya doank. Kopi juga udah tinggal ampas. Tapi Digi masih belum ngantuk juga.. karena..

“Apa gw udah jadi cowok seperti yang diinginin pacar gw ya..?” Kata Digi sambil ngeliat kedua HP-nya yang masih diam ngga bergerak di atas bantal kasurnya.

“Apa jangan-jangan gw yang ngga tau diri, dan dia sekarang lagi capek karena ngerasa gw bukan cowok yang bisa memperlakukan cewek dengan semestinya..? Apa gw cowok yang ngga punya The Touch kayak yang Tyas bilang.?” Sekarang pikiran itu yang ngegantung di kepala Digi.

“Ahhhhh..!”” Digi ngeliat kedua HP-nya dengan serius. Pertentangan di kepalanya berkecambuk..

“Should I call her..?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar