Rabu, 26 November 2008

DIGI HARI: PIANO KECIL

Tlululut tlululut.. tlulululut tlululut.. tlulululut tlulululut..

“Iya, iya.. bentar.. bentar..!!” Digi buru-buru make sendal, dan berlari ke kamarnya.

Tlululut tlululut.. tlulululut tlululut.. tlulululut tlulululut..

“Aduh.!! Kuncinya masih di kamar mandi lagi..!!” Digi akhirnya balik lagi ke kamar mandinya, dan ngambil kunci yang tergantung di gantungan baju di balik pintu kamar mandi.

Tlululut tlululut.. tlulululut tlululut.. tlulululut tlulululut..

“Iya.. iya.. buset deh.. ga sabaran amat..?!!” Akhirnya Digi berhasil ngebuka pintu kamarnya, dan ngambil hp yang ada di atas kasurnya.

Tlululut tlululut.. tlulululut tlululut.. tlulululut tlulululut..

“Siapa seeh ini..??! ga sabaran amat..??!” Digi melihat layar hp-nya. Pacarku.

“Halo, Sayang..” Suaranya dimanis-manisin, karena tau, pasti bakal disemprot sama pacarnya, karena udah nunggu lama.

“Sayang, sayang..!! kemana aja sih kamu tuh..??! diteleponin dari tadi koq ga diangkat-angkat..??!!” Bener kan, Digi langsung disemprot aja.

“Hehehe.. biasa, tadi lagi pub. Jadi emang agak lama..” Digi mulai beralesan.

“Lama amat..?? sambil baca kan kamu..?? baca apa sampe lama banget..??! baca kamus emangnya..?!!” Suaranya masih tinggi, tandanya masih marah.

“Ngga..”

“Trus baca apa..?!!”

“Novel..”

“Heeeehhhh..!! pantesan aja lama..!! buruan kesini..!! udah ditungguin Sisi nih dari tadi.. inget, kamu sendiri yang janji mau ngajak dia.. masa pake acara telat segala sih..???”

“Iya.. iya.. aku otw koq.. otw pake baju maksudnya.. hehehe..”

Hampir aja Digi lupa karena keasikan baca novel sambil pub tadi. Pub-nya seeh ga seberapa lama. Cuman ngabisin satu bab dulu baru selesai. Kebetulan satu bab ini panjang, jadi agak lebih lama dari biasanya.

Rencananya Digi malem ini mau ngajakin Sisi, dia ini anak kelas lima SD, sepupu kecil pacarnya. Mau ngajakin ke satu tempat, yang menurut Digi bisa nolongin pacarnya soal Sisi ini.

“Gitu, Gi ceritanya..” Suatu kali pacarnya nelpon nyeritain masalah yang lagi dihadepin sama Tantenya.

“Ohh.. jadi si Sisi ini lagi putus asa ceritanya ya..? gara-gara ngga bisa-bisa maen piano..? trus, kamu pengen aku yang ngajarin dia gitu..?” Tanya Digi ketika udah tau jalan ceritanya.

“Lho..?? emang kamu bisa maen piano ya..?? koq ga bilang-bilang..??” Pacarnya heran di seberang sana.

“Yee.. siapa yang bilang aku bisa maen piano..? maen harmonika aja fales..! hehehe..”

“Ahh, kamu tuh.. becanda mulu deh.. gimana donk jadinya nih..?”

“Emang sampe segitunya ya si Sisi ini..? sampe jadi males ngapa-ngapain gara-gara ga bisa-bisa maen piano..? dulu aku ga bisa-bisa maen pianika aja ngga stress kayak gitu..”

“Yee.. jangan bandingin Sisi sama kamu.. dia ini belajar piano karena dia emang suka. Bayangin aja, anak sekecil itu, sukanya dengerin Norah Jones sama Alicia Keys.. gara-gara itu dia pengen bisa juga maen piano.. tapi..”

“Sekarang stress gara-gara dia tahu, kalo maen piano ngga segampang yang diliatnya di video klip..?” Digi nerusin kalimat pacarnya.

“Ya gitulah.. Jadi kamu bisa nolongin aku ngga..? Tanteku tuh sampe kepikiran terus sama Sisi..”

“Iya.. iya.. bisa.. bisa..” Kata Digi sambil didalem hatinya ngebatin, makan apa anak-anak jaman sekarang. Kecil-kecil udah stress aja. Apalagi udah gede nanti..??

Digi udah nyampe rumah pacarnya sekarang. Yang bukain pintu langsung pacarnya, karena Digi udah sms kalo dia udah nyampe. Digi meluk hangat pacarnya begitu dia keluar.

“Hmmn.. senjatanya keluar deh kalo udah telat kayak gini..” kata pacarnya sambil ngelepasin pelukan Digi.

“He.. tapi kamu suka kan..?”

Pelukan emang senjata yang ampuh buat ngatasin masalah apapun. Apalagi kalo sama orang yang disayang. Pacarnya yang tadi marah-marah ditelepon langsung adem lagi sekarang.

“Mana Sisi..?” Tanya Digi sambil ngelongok ke dalem rumah, nyari Sisi.

“Lagi pake jaket. Nanti kalian naek motor kan..? pasti dingin banget deh.. kenapa sih aku ga boleh ikut..? kan bisa bawa mobil..?”

“Sssttt.. kamu ga boleh ikut.. ini urusan Om sama ponakannya..” Digi nyengir.

“Idih.. pede banget kamu, ngaku-ngaku Om-nya Sisi..”

“Lho.. kan kamu Tante-nya..? otomatis berarti aku Om-nya donk..”

“Yeee.. GR..!!” Digi dicubit kecil di pinggangnya. Digi mau ngebales cubitan itu, tapi Sisi keburu keluar.

“Ayo, Om Dig..!!” Kata Sisi. Sisi emang selalu manggil Digi dengan sebutan ‘Om Dig’. Namanya juga anak kecil. Biarin lah..

“Dagh, Tante..” Sisi melambai ke arah rumah ketika Digi dan Sisi udah diatas motor. Mereka meluncur pelan ke arah jalan raya.

“Kita mau kemana sih, Om..?” Kata Sisi yang meluk Digi kenceng banget. Takut jatuh, padahal Digi pelan-pelan aja bawa motornya.

“Ada deh.. Sisi pasti suka. Ngga jauh kok. Bentar lagi juga nyampe..” Kata Digi sambil diem-diem tersenyum.

Ngga berapa lama mereka sampai. Tempatnya bisa dibilang semacam cafe outdoor. Ada bangunan yang jadi rumah inti di tengah-tengah kebun. Bentuk rumahnya jaman dulu, jaman Belanda. Di sekeliling rumah itu ada meja-meja berpayung dan kursi yang mengelilinginya. Suasananya enak banget. Rindang, adem, tapi ngga nyeremin. Lampu-lampu lilin bertebaran di sekeliling tempat itu.

“Sisi mau pesen apa..?” Kata Digi ketika mereka berdua udah duduk, persis di depan teras rumah.

“Apa ya, Om..? terserah Om aja deh..” Sisi masih asik ngeliatin suasana sekitar. Kayaknya dia suka banget sama tempat ini. dan kebetulan hari itu habis ujan. Jadi udaranya emang agak dingin.

“Cokelat panas aja ya..? enak buat dingin-dingin gini..” Sisi ngangguk-ngangguk. Dia sekarang lagi ngeliatin kelompok kunang-kunang di deket kursinya.

“Trus kita ngapain, Om disini..?” Tanya Sisi sambil minum cokelat panasnya pelan-pelan.

“Tungguin aja.. bentar lagi juga Sisi tau..”

“Ihh.. Om Dig ini sukanya maen rahasia-rahasian. Pantesan aja Tante suka bilang kalo Om Dig itu orangnya..” Sisi ngga ngelanjutin kata-katanya. Dia malah asik minum cokelat panasnya.

“Lho kok berenti..? Tante suka cerita apa..? haiyo.. ceritain dong ke Om Digi..”

Belum sempet Sisi ngejawab, yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Dari dalem rumah keluar empat orang. Tiga laki-laki dan satu perempuan. Satu laki-laki dituntun duduk ke belakang grand piano, satu laki-laki dituntun ke tempat gitar, di depannya ada mikrofon; dan satu perempuan di sebelahnya, mikrofon udah ada di tangannya. Dan laki-laki terakhir di sebelah perempuan itu, dia ngalungin bass ke bahunya.

“Koq mereka pake dituntun sih Om..? emang mereka..”

“Iya.” Jawab Digi cepet. “Mereka tunanetra. Alias buta.”

Beberapa menit kemudian terdengar suara musik dari pemain-pemain itu. Disusul suara dari perempuan tadi. Lagu-lagu pop yang mereka mainin, tapi dengan aransemen versi mereka sendiri, dan semua aransemen bernuansa jazzy.

Digi menoleh ke arah Sisi. Anak itu serius banget ngeliatinnya. Matanya hampir ngga kedip merhatiin apa yang dilihatnya.

Sesi pertama selesai. Semua yang ada di tempat itu bertepuk tangan. Sisi masih diem aja.

Laki-laki yang main gitar, perempuan yang jadi vokalis, plus pemain bassnya, dituntun masuk ke dalam rumah. Sekarang tinggal laki-laki pemain piano itu sendirian.

“Sisi.. ini bagian terbaiknya.. kamu harus perhatiin bener-bener ya..” Bisik Digi.

Alunan piano mulai terdengar dari laki-laki itu. Perawakannya agak gemuk, dia Cuma make kaos dan celana jins. Walaupun matanya terus ngeliatin tuts piano di depannya, semua tahu kalo dia ngga bisa liat apa-apa. Kepalanya terus bergerak ngikutin irama lagu yang dia mainin. Lagu-lagu pop terkenal, kebanyak dari barat, lancar dimainin dengan aransemen sendiri. Kadang-kadang aransemennya sedikit jazzy, tapi tetep enak didenger.

Sisi makin diem merhatiin.

Setelah nyaris setengah jam laki-laki itu main piano, akhrinya sesi solo dia selesai. Semua orang yang ada disana berdiri dan bertepuk tangan ngga berhenti. Laki-laki itu mencoba berdiri, dan tersandung pianonya sendiri. Tapi ngga ada yang peduli, semua orang masih bertepuk tangan dengan kencang. Akhirnya dia dibantu oleh salah satu kru untuk maju dan melambaikan tangan. Walaupun dia tahu, dia ngga bisa ngeliat siapa yang dia lambaikan tangannya..

“Nah.. Sisi..” Kata Digi ketika Sisi udah duduk dibelakangnya. Mereka udah diatas motor. “Sisi ngerti ngga kenapa Om ajak kesini..?”

Sisi ngangguk.

“Liat deh.. mereka semua yang main tadi itu ngga ada yang bisa ngeliat. Bahkan mungkin mereka ngga pernah tau bentuknya piano kayak apa. Gitar itu kayak gimana. Tapi mereka bisa mainin semua alat musik itu kan..?”

Sisi ngangguk pelan.

“Nah.. masa Sisi yang dikasih Tuhan bisa liat, bisa denger, ngga kurang satu apapun, nyerah karena belum bisa main piano yang bener..? bukannya Sisi pengen kayak Alicia Keys atau Norah Jones..?”

“Iya..”

“Nah.. berarti Sisi harus berusaha lebih keras lagi. Karena mereka semua juga ngga langsung tiba-tiba bisa kayak sekarang. Semuanya pake kerja keras. Apalagi mereka yang tadi Sisi liat. Bisa berkali lipat kerja kerasnya. Emang mesti gitu. Yang pasti, Sisi ngga boleh patah semangat kalo emang udah punya niat..? OK..??” Kata Digi sambil menyalakan motornya. Dipunggungnya Digi merasakan anggukan Sisi.

Tlululut tlululut..

“Ya..?”

“Makasih ya, Gi..”

Suara lembut pacarnya yang tersenyum terdengar di telepon. Ngga ada yang bisa lebih nenangin, selain suara lembut orang yang sayang sama kita.

5 komentar:

  1. wehh
    so...touching

    merinding bacanya

    BalasHapus
  2. gimana seh buat cerita yang sederhana menjadi rumit secara emosional??

    BalasHapus
  3. @anonim:
    hmmn.. gimana ya?? y jelas seeh nulisnya juga pake hati dan rasa aja.. jujur mungkin ya intinya..

    btw, ini comment gimana cara buatnya kan? bukan complain gitu.. soalnya agak ambigu juga bacanya.. he..

    BalasHapus