Senin, 10 November 2008

DIGI HARI: MAKASIH LHO DAH NGEROKOK.!!

Malem ini Digi lagi kebagian tugas ngeliput acara festival musik band indie. Dan ngga tau kebetulan apa ngga, festival musik ini juga disponsorin sama salah satu produk rokok. Jadilah mulai beberapa meter dari venue sampe ke dalem-dalemnya, penuh sama branding rokok.

Kenapa dibilang ngga tau kebetulan atau ngga, karena kayaknya udah ngga ada event yang ngga disponsorin sama rokok. Mulai dari musik, kesenian, pendidikan sampe anehnya, juga olahraga. Agak kontras emang, olahraga kok disponsorin sama rokok..?? bukannya rokok itu ngga baik buat kesehatan ya..?? atau kalo ngerokok tapi dibarengin sama olahraga itu lebih baik..?? ngga tau juga.. dan Digi ngga pernah ngambil pusing, karena dia juga perokok. Aktif lagi.

Sampe ke venue, acara belum mulai, biasalah, nunggu penontonnya banyak dulu, baru dimulai. Abis markirin motornya, ngeluarin id pers dan id card acara, Digi jalan santai ke pintu masuk.

Agak kaget juga ketika nyampe ke kerumunan di depan pintu masuk. Isinya bisa dibilang anak-anak umur sma semua. Digi geleng-geleng kepala, bukan karena nyari orang, tapi ngeliat pemandangan didepannya. Anak-anak muda yang gayanya bisa dibilang sama semua. Yang cowok kalo ngga gondrong dan berponi, rambutnya lepek tapi tetep berponi. Pake t-shirt dengan design distro dan merek yang beda-beda, plus celana jins pensil ketat. Yang cewek..?? ini bikin Digi tambah ngebatin, rambutnya panjang dikuncir kuda dan berponi di depannya. Kemeja flanel model Kurt Cobain, dan celana pendek se-paha, ngeliatin paha mereka yang mulus-mulus.

“Ckckck.. pada ngga kedinginan apa ya mereka..??” Kata Digi pelan, ngomong sendiri. “Bener juga kalo ada yang bilang, penjualan obat anti nyamuk salep meningkat signifikan dengan penjualan hot pants.” Digi senyum-senyum sendiri. Inget kata salah satu temen dikantor majalahnya, yang sempet-sempetnya nyari data macam begituan.

Digi masuk ke venue, didalem masih sedikit orang. Sambil nunggu, Digi keliling nyari panitia buat bahan artikelnya nanti. Abis muter-muter karena di ping-pong sama panitia, Digi selesai juga ngumpulin info buat bahan tulisannya, dan balik ke depan panggung. Pas MC ngebuka acara.

Anak-anak sma yang diluar tadi udah pada masuk dan mulai menuhin depan panggung. Rata-rata dateng bareng gerombolannya, kalo ngga sama pasangannya masing-masing. Dan yang pasti, kebanyakan juga bawa rokok gratisan dari panitia. Namanya juga acara yang disponsorin sama rokok, biasanya emang dapet rokok. Kecuali Digi. Karena dia ngga beli tiket, tapi dapet id card,

“Ngga apa-apa, Mba.. saya udah bawa rokok saya sendiri kok.” Kata Digi waktu masuk ke venue dan dimintain maaf sama SPG-nya karena dia ngga dikasih rokok. Digi nyengir, Mba-nya senyum. Manis juga senyumnya, batin Digi. Dasar..

Beberapa band udah tampil, dan venue mulai penuh sama asep rokok. Digi masih asik nikmatin penampilan band-band ini, sambil sesekali nyatet yang penting-penting buat bahan tulisannya. Tiba-tiba ada yang ngganggu perhatiannya.

Di depannya, ada satu cowok, keliatannya umurnya sekitar kelas dua atau tiga sma. Dan kalo diperhatiin, ada yang ngenganggu banget. Cowok itu ngerokok ngga berenti-berenti. Ngga apa-apa seeh sebenernya, tapi yang bikin Digi ngalihin perhatiannya, cowok ini keliatan banget belum biasa ngerokok, buktinya dari tadi dia merem melek karena matanya perih kena asep rokoknya sendiri. Males banget kan..?

Akhirnya Digi ngedeketin cowok itu, “Punya korek, Mas..?”

Cowok itu agak kaget tiba-tiba ditanyain sama Digi, dan grogi nyariin korek di celana sama bajunya. Akhirnya dia ngga nemuin koreknya dimana, dan ngasih rokoknya yang tinggal setengah batang. Digi ngambil rokok itu dan mulai nyalain rokoknya sendiri.

“Baru mulai ngerokok ya, Mas..??” Kata Digi sambil ngembaliin rokok cowok itu.

“Eh.. iya.” Kata cowok itu gugup.

“Ngga usah dipaksain, Mas kalo ngga biasa. Dan, ngga usah dibiasain juga. coba ke kamar mandi deh sana. Cuci muka dulu, liat mata Mas-nya udah merah banget.” Kata Digi sambil menghisap rokoknya dalem-dalem dan ngeluarin asepnya ke atas.

“Iya.. eh..” Si cowok itu masih grogi dan gugup juga. rokoknya sekarang Cuma dipegang doang. Dan beberapa kali mau jatoh dari tangannya.

“Beneran deh, Mas.. mumpung masih muda, mending ngga usah dibiasain. Jangan kayak saya ini.” Digi memutar-mutarkan rokok di tangan kanannya. “Lagian, kasian tuh pacar Mas-nya. Kayaknya dari tadi udah nahan-nahan batuk terus. Ya, Mba..?” Tanya Digi ke cewek berponi dan berkaus hijau di sebelah cowok itu. Cewek itu ngangguk pelan.

“Bener kan, Mas..?? kasian lho.. masak diajakin pacaran Cuma buat nemenin Mas merem melek karena mata Mas merah kena asep rokok sendiri..?” Kata Digi sambil menghabiskan rokoknya dengan isapan panjang.

Digi pergi ninggalin pasangan muda tadi, dan balik ke tempatnya, agak kebelakang. Dari sana Digi ngeliat si cewek ngomong sesuatu ke cowoknya, dan si cowok tadi ngebuang sisa rokoknya. Digi ngeliat mereka pergi ngejauh dari panggung, pergi ke arah toilet. Digi senyum ngeliat itu, dan ngelanjutin lagi nonton band berikutnya. Semua personelnya pake kostum yang sama dan model rambut yang sama..

Agak aneh mungkin ya, ngeliat perokok model Digi kok ngelarang orang laen buat ngerokok..? Ini semua karena pacarnya.

Sejak pertama kenal sama pacarnya ini, Digi udah ngerasa ada sesuatu yang bikin dia tertarik banget sama cewek ini. bukan karena fisiknya, apalagi karena hartanya, tapi ada sesuatu yang lain. Digi ngga tau apa, tapi dia yakin bisa ngerasainnya. Dan itu kejadian ketika beberapa minggu kemudian mereka mulai jalan bareng.

“Kamu udah lama ngerokok..?”

Digi ngangguk. “Kamu ngerokok ngga..?”

“Tergantung..”

“Kok tergantung..? maksudnya tergantung kalo lagi pengen atau ngga gitu..?

“Tergantung.. ada yang ngerokok atau ngga disebelahku. Kalo ngga ada yang ngerokok disebelahku, ya aku ngga ngerokok, tapi kalo ada yang ngerokok, ya otomatis aku juga ikut ngerokok. Ngerokok pasif.”

“Oohh..” Kata Digi pelan. Ngga nyangka kalo jawabannya sepanjang itu.

“Jadi kamu ngga suka sama cowok yang ngerokok ya..?” Tanya Digi lagi.

“Ngga.. ngga gitu juga. aku ngga suka sama orang yang ngga bisa ngehargain orang lain. Mau cewek atau cowok, sama aja.”

“Ohh..” Digi nyoba nyari kata-kata yang pas buat ngejawab pernyataan pacarnya ini waktu itu.

“Dulu aku pernah ribut sama satu orang.” Pacaranya nerusin ceritanya, kayaknya dia ngerti ekspresi Digi yang lagi mikir nyari argumen lain. “Gara-gara waktu itu di bus ada orang yang ngerokok di depanku.”

“Waduh.. sampe segitunya ya..?? emang kenapa kamu sampe ribut..?? kan dia ada di depan kamu..” Digi ngga terima.

“Bukan karena itu. Waktu itu, di depanku ada satu bangku yang kosong, Cuma diisi sama satu Ibu yang lagi hamil. Waktu bus berhenti buat naikin penumpang lain, ada satu cowok, mungkin seumuran kamu kalo aku ngga salah, yang naik dan nyari tempat duduk kosong.

Dia liat ada satu bangku kosong disebelah Ibu hamil itu. Dan duduklah dia disana. Di depanku persis. Waktu itu hujan, dan udara di bus jadi agak pengap karena jendelanya ditutup. Si cowok itu ngambil hp dari tasnya, masang earphone di kupingnya, dan mulai sandaran ke bangku.

Tapi Cuma sebentar, dia lalu nyari-nyari sesuatu dari tasnya, dan ngeluarin sebungkus rokok, ngambil satu, dan nyalain rokok itu. Bal-bul bal-bul. Cowok itu ngeluarin asep rokok dari mulutnya.

Waktu itu aku masih sabar, mungkin Cuma sebatang, masih bisa ditoleransi. Tapi ternyata ngga, habis satu batang, dia ngeluarin bungkus rokoknya lagi, dan mulai nyalain rokok berikutnya. Ok, cukup. Aku nepuk punggung cowok itu dan bilang, “Mas.. enak ngerokoknya??” dia Cuma nengok sebentar, dan ngelanjutin rokoknya.

“Mas.. maaf ya. Tapi disini yang ngerokok Cuma, Mas doank. Liat ada orang lain yang ngerokok disini..??” si cowok itu akhirnya ngebales, “Emang apa urusan Mba saya ngerokok..?? kan ngga ada larangan buat ngerokok disini..??”

Wah.. cowok ini bener-bener bikin aku kesel waktu itu. “Oh, gitu.. jadi kalo ngga ada larangan ngerokok boleh ngerokok..? kan ngga ada juga tulisan boleh ngerokok, iya kan..??” aku udah kesel banget. Pengen nonjok aja rasanya.

“Trus apa urusan, Mba..?? ngga suka..??” Si cowok itu mulai nyolot. “Wah, Mas.. kayaknya Mas ini bukan orang bego deh. Tapi kok kayaknya lebih goblok ya..?” Aku berdiri dan ngadep dia. “Mas.. coba liat sekeliling, Mas.. diluar tuh ujan gede banget, makanya jendelanya pada ditutup. Karena itu disini jadi pengap kan..? udah gitu.. Mas buta ya..?? sebelah Mas tuh Ibu-ibu lagi hamil tahu..?? masih mau nanya juga kenapa saya ngga suka Mas ngerokok..?!”

Orang-orang satu bus mulai ngeliatin. “Mas.. mending Mas turun aja deh kalo masih mau ngerokok. Mas kira cuman Mas yang punya hak disini..?? saya juga punya hak disini. Bayarnya juga sama kok! Apalagi Ibu itu, dia berhak banget dapet udara bersih disini, dan dia punya dua hak, karena dia lagi hamil.

Si cowok itu mau ngebales omonganku, tapi ngga jadi, karena semua orang di bus itu ngeliatin dan setuju sama omonganku. “Saya perhatiin juga dari tadi, Mas ini ngga minta ijin dulu mau ngerokok. Pernah belajar etika ngga sih..??!” Suaraku tinggi banget waktu itu. Sampe si Ibu hamil itu agak kaget dengernya.”

Digi yang dari tadi diem aja dengerin cerita, ngangguk-ngangguk. “Akhirnya gimana..? cowok itu jadi pergi..?”

“Iya.. cowok itu akhirnya turun dari bus dengan diliatin semua mata yang ada disana.” Kata pacarnya berhenti cerita sebentar. “Dan kamu tahu..?”

“Apa..?” Digi bertanya pelan.

“Si cowok itu berhenti di halte yang penuh sama orang karena waktu itu emang masih ujan, dan.. dia ngerokok lagi dengan santainya. Wah.. bener-bener deh tuh orang..!!”

Itulah.. kenapa Digi tadi berani nyaranin anak sma tadi buat ngga ngebiasain ngerokok, dan ngajarin buat ngehargain orang lain. Digi belajar banyak dari pacarnya soal menghargai orang lain. Digi emang ngga berhenti ngerokok, tapi setidaknya dia belajar bersikap yang baik ketika dia ngerokok. Sekarang setiap dia ngerokok di tempat umum, dia selalu pilih-pilih, kalo ada smoking room-nya, dia bakal kesana dan mulai ngerokok. Kalo ngga ada, dia bakal menjauh dari orang yang ngga ngerokok. Kalo udah terpaksa banget, dia akan minta ijin sama orang yang paling deket buat ngerokok. Dan minta ijinnya pun bukan Cuma sekedar basa basi aja. Tapi beneran minta ijin, kalo yang dimintain ijin ngga ngasih, dia ngga akan ngerokok.

“Aku tahu rokok itu ngga mungkin diilangin dari masyarakat. Aku juga tahu kalo industri rokok itu udah ngidupin banyak orang di dunia ini. tapi rokok juga udah matiin banyak orang. Tiap ada satu perokok aktif yang baru, pasti ada satu perokok pasif baru juga. iya kan..?” Pacarnya pernah bilang kayak gini suatu sore waktu mereka ngobrol bareng. “Tapi yang mungkin ngga banyak orang tahu, kenapa mereka awalnya ngerokok..?? pasti kerena gaya-gayaan waktu masih kecil. Sekarang..??”

Waktu itu juga pacarnya ngasih Digi DVD, Thank You For Smoking. “Kamu tonton filmnya, dan kasih pendapat kamu ya.. Filmnya bagus banget. Cocok buat kamu yang perokok, dan orang-orang yang ngga ngerokok. Coba sempetin nonton deh.”

Beberapa hari kemudian Digi nonton filmnya, dan dia jadi ngerti sama apa yang diomongin pacarnya waktu kemarin-kemarin. Digi tersenyum sendiri waktu filmnya selesai, dan langsung sms buat ngasih pendapatnya.

Bener apa yang dirasain Digi waktu pertama kali ketemu pacarnya ini. cewek ini bukan cewek biasa. Dia punya sesuatu yang bisa bikin Digi kagum.

2 komentar:

  1. sekarang di haramin Dig...
    payah...
    aneh...

    BalasHapus
  2. y d haramin tuh buat anak2 sama ibu hamil..
    jadi ulama2 d tempat y bikin fatwa itu masih boleh ngerokok..

    aneh ya..?

    padahal kan lebih banyak y jadi perokok pasif d banding aktif..?

    mau bikin fatwa ahh:

    y bikin fatwa haram, adalah haram..

    hahaha..

    BalasHapus