Minggu, 02 November 2008

DIGI HARI: BEBEK AKHIRAT

“Halo...?”

“Kamu dimana..?!!”

“Hmnn.. otw koq, otw..”

“Otw.. otw.. otw ke mana..?!!”

“Ke kamar mandi, hehehe..”

Lagi-lagi Digi ketiduran. Padahal dia udah janji mau makan malem bareng pacarnya. Ngga tau kenapa, kalo janjian sama pacarnya, Digi ini selalu aja ketiduran. Padahal ya dia juga yang bikin janjian. Aneh emang..

“Halo..?”

“Udah selesai mandi belum..??!”

“Udah koq udah.. Kamu udah selesai mandi..?”

“Ya udah lah..!! aku udah nungguin kamu sejam disini. Di tempat makannya. Kamu masih nanya aku udah mandi atau belum..??!!”

He..

Ya gitulah Digi. Kalo udah ketiduran kadang emang ngga inget waktu. Lagian mana ada orang yang ketiduran, tapi inget waktu..?

Anehnya, pacarnya Digi ya koq tetep betah aja sama dia. Padahal masih banyak cowok lain yang mungkin bisa lebih tepat waktu kalo ngajak nge-date. Ngga tau lah. Katanya cewek emang suka sama cowok yang aneh-aneh. Mungkin Digi dianggep aneh kali. Mungkin..

“Aku berangkat ya, Sayang..”

Itu bunyi sms Digi ketika dia udah diatas motor dan siap buat berangkat. Walaupun nyebelin, Digi termasuk cowok yang romantis juga. jarang kan ada cowok nyebelin tapi romantis. Apa romantis tapi nyebelin..?

Digi memacu motornya dengan lumayan.. pelan. Karena Digi pernah punya temen yang asli Jawa banget, dan selalu bilang. Alon alon waton kelakon. Pelan-pelan asal selamat. Dan Digi percaya banget sama temennya itu. Makanya sekarang dia kalo bawa motor ngga pernah ngebut-ngebut.

“Eh.. dimana tadi ya janjiannya..? Koq lupa. Hmmn..”

Digi berhenti dulu di pinggir jalan deket tukang gorengan.

“Aduh.. dimana ya tadi janjiannya..?? Mas, gorengannya ada yang anget..?” Tanya Digi sambil mengambil tempe goreng setelah Mas Tukang Gorengannya nunjuk barisan tempe goreng yang anget. Malah makan gorengan dia sekarang.

“Mas.. udah lama jualan gorengan..?” Tanya Digi. Mas-nya masih sibuk ngaduk-ngaduk adonan bakwan. Yang ditanya ngangguk-ngangguk.

“Oh gitu..” Kata Digi sambil ngambil tempe goreng satu lagi. Sekarang pake cabe. Agak lama juga Digi nongkrong di tukang gorengan itu. Sekarang bakwan yang udah selesai digoreng ada disebelah tumpukan tempe goreng. Digi ngambil satu. Dia makan sambil kepanasan dan kepedesan, karena cabe yang diambil cabe rawit oranye. Pedes banget tuh.

Digi masih asik nongkrong sambil makan gorengan. Udah lima kayaknya. Sampai akhirnya ada bapak-bapak naek motor tua dan di jok belakangnya penuh sama bebek hidup.

“Ah.. itu dia!! Janjiannya di Bebek Goreng Kremes..!! inget gw sekarang..!!”

Mas Tukang Gorengan bingung ngeliat Digi. Udah bingung daritadi makan ga berenti-berenti. Sekarang bingung tiba-tiba teriak sendiri.

“Makasih, Mas..!! kapan-kapan ketemu lagi ya..!!” Kata Digi sambil ngasih uang 2500. Satunya 500 rupiah. Ada tulisannya koq di gerobaknya.

Setelah itu dia meluncur lagi dengan motornya. Ternyata dia janjian sama pacaranya di Bebek Goreng Kremes. Tempat makan baru buka, dan lagi ngasih potongan harga. Digi seneng banget makan bebek. Apalagi bebek goreng kremes. Dan dia paling seneng kalo makan ditemenin pacarnya.

Lurus.. belok kiri.. lurus lagi.. perempatan.. lampu merah.

Digi berhenti, karena lampu merah. Dan di depannya ternyata Bapak-bapak tadi yang bawa bebek di belakang motornya. Gerobak bebeknya penuh sama bebek-bebek yang dibilang kecil juga ngga, dibilang gede juga ngga. Sedengan lah. Bebek-bebek itu ribut bergerak terus. Ada yang kakinya keluar, ada yang kepalanya yang keluar. Karena gerobaknya emang terbuat dari rotan dan bolong-bolong modelnya. Ada dua gerobak di sisi kiri kanan motor Bapak-nya.

Digi ngeliatin gerobak itu. Ada satu bebek yang kepalanya keluar, dan bebek itu kayaknya emang berusaha buat keluar. Lama-lama, lehernya juga udah mulai keluar. Wah, ini bebeknya bisa keluar neeh. Dan Digi pun teriak ngasih tau Bapaknya itu.

“Pak..!! Pak..!! bebeknya mau keluar tuh..!!”

Tapi Bapak itu ngga denger. Lampu juga udah ijo. Bapak itu langsung ngebut. Buru-buru kayaknya. Dan dibelakangnya, bebek tadi makin lama makin berusaha buat keluar.

“Waduh.. kasian bebeknya tuh. Bisa gegar otak nanti kalo jatoh. Mana si Bapak itu ngebut lagi.”

Digi langsung nancep gas, dan berusaha nyusulin Bapaknya. Ngelupain nasehat temen Jawa-nya tadi. Tapi ternyata motor si Bapak lebih cepet. Hebat juga, motor tua, penuh sama bebek, bisa kenceng juga.

Digi masih berusaha nyusulin si Bapak. Dibelakang, bebek itu udah makin keluar aja. Sekarang sayapnya udah keluar satu lewat bolongan gerobak. Bebek itu warnanya agak kuning kecokelatan. Dan bulunya tipis-tipis. Paling kecil dibanding bebek yang lain. Mungkin karena itu dia berpikir bisa lolos. Tapi ya jangan pas dijalan juga kali ya..

Si Bapak masih ngebut juga, dan Digi sekarang udah hampir sejajar sama motor si Bapak.

“Pak..!! bebeknya mau keluar tuh, Pak..!! ntar jatoh lho, Pak..!!” Teriak Digi pas dia udah sejajar sama si Bapak.

“Apa, Mas..??!!” Si Bapak malah gantian teriak. Mereka berdua masih kenceng bawa motornya.

“Bebeknya, Pak..!! Bebeknyaaa..!!” Teriak Digi sambil nunjuk-nunjuk gerobak bebek. Si Bebek tadi udah sedikit lagi keluar.

Akhirnya Si Bapak itu ngerti, dan melanin motornya, terus berhenti di pinggir jalan.

“Bebeknya mau jatoh tuh, Pak.” Kata Digi setelah markirin motornya di pinggir jalan juga.

“Oh, iya, Mas.. makasih ya..” Si Bapak itu lalu ngecek ke belakang. Bebek tadi udah setengah di dalem, setengah di luar. Si Bapak narik bebek itu dengan pelan dan naro lagi lewat atas.

“Nah.. sekarang udah, aman, Pak.”

“Iya, mas.. makasih ya. Bisa dimarahin saya sama Si Bos kalo bebeknya ilang satu.” Kata si Bapak sambil ngiket tutup gerobaknya.

“Sama-sama, Pak. Seneng juga bisa nolong orang lain.”

“Tau ngga, Mas.. si Bos orangnya sebenernya baik. Tapi agak galak. Yah namanya juga Bos kali ya, Mas.. kalo ngga galak, ngga dihormatin sama bawahannya.” Si Bapak malah cerita sekarang. Dan Digi mau ngga mau jadi dengerin cerita si Bapak ini.

Dari ceritanya Digi tahu kalo Bapak ini udah kerja di peternakan bebek hampir seumur hidupnya. Dia udah punya anak tiga, dan istri..

“Satu aja cukup, Mas. Bebek aja ngga poligami, masa saya yang tiap hari ngerawat mereka poligami.”

Gitu jawab si Bapak. Walaupun hidupnya pas-pas-an, tapi dia seneng. Apalagi kalo dapet giliran mandiin bebeknya. Jadi inget masa kecilnya waktu di dusun dulu.

“Bebek itu teratur banget mas. Nurut lagi. Apalagi kalo waktunya mandi. Mereka bisa jalan bareng, rapih. Coba orang jaman sekarang pada belajar dari bebek ya..?”

Digi ngangguk-ngangguk. Iya juga ya. Coba kalo bebek, eh, manusia maksudnya, bisa jalan bareng dan ngga berantem, walaupun punya banyak perbedaan.

Si Bapak akhirnya nyelesain ceritanya. Setelah berterimakasih sekali lagi sama Digi. Dia pamitan. Digi juga pamitan, karena dia masih inget ada janji sama pacarnya. Si Bapak pergi. Digi balik arah. Bebek-bebeknya sekarang udah tenang, diem di gerobak belakang.

Di jalan, Digi senyum-senyum sendiri. Seneng rasanya bisa nolongin orang lain. Dan nolongin bebek. Coba tadi dia ngga ngasih tau si Bapak itu soal bebeknya, mungkin si bebek udah mati karena jatoh pas si Bapak ngebut. Dan si Bapak dimarahin sama Bos-nya karena bebeknya berkurang satu. Ah senangnya..

Setidaknya nanti di Akhirat ada saksi buat masukin Digi ke surga. Kalo ngga si Bapak tadi ya.. bebek itu. Jadi nanti kalo pas di Akhirat,

“Digi.. kamu masuk neraka ya..?? amal kamu lebih ringan daripada dosa kamu tuh..” Kira-kira gitu kata Tuhan pas di Akhirat nanti.

Tapi tiba-tiba, si bebek itu dateng, dan nyela Tuhan..

“Tunggu, Tuhan..!! jangan dulu..!! jangan masukin Mas ini ke neraka. Dia pernah nolongin saya suatu hari.. bener, Tuhan..!! suer..!!” Kira-kira gitu suara si bebek.. mirip suaranya donal bebek.

Dan akhirnya Digi ngga jadi dimasukin ke Neraka. Masuk ke Surga. Karena bebek tadi..

Selesai ngelamun tadi, ternyata Digi udah sampe di tempat makan. Digi markirin motornya, dan mencari pacarnya. Ngga susah nemuin pacaranya di tempat makan itu, padahal rame banget disana. Ngga susah buat nyari satu meja yang Cuma ada satu cewek dan cewek itu mukanya lagi asem banget. Begitu ketemu, Digi langsung nyamperin pacaranya dengan riang.

“Hai, Sayang.. dah lama ya..??” kata Digi sambil cengengesan.

Mungkin cewek lain udah nyiram cowok model gini sama es jeruk.

“Kemana aja sih kamu..?? udah hampir dua jam aku nungguin kamu disini tahu..!!”

“Hehehe.. iya, iya.. maap..!!”

“Jadi.. kamu kemana aja emang..??”

“Abis nemuin saksi buat nolongin aku masuk Surga di Akhirat nanti..!!”

Digi nyeritain semuanya yang dia alamin pas berangkat tadi. Setelah selesai cerita, Digi tersenyum puas.

“Udah selesai ceritanya..?”

Digi ngangguk-ngangguk.

“Pede banget kamu sama bebek itu. Emang yakin bebek itu mau jadi saksi kamu di Akhirat nanti..?”

Digi ngangguk lagi.

“Iya sih jadi saksi. Tapi bukan buat masukin kamu ke Surga. Bisa aja dia malah jadi saksi buat masukin kamu ke Neraka. Karena kamu ngegagalin usaha dia buat kabur dan hidup lebih lama lagi.”

Digi diem ngga ngerti. Pelayan dateng nganterin pesenan mereka.

“Iya.. kamu bakalan punya saksi buat dimasukin ke Neraka, karena kamu malah ngebantu Bapaknya buat jadiin bebek tadi kayak bebek yang ada di depan kamu sekarang ini..”

Digi nelen ludah. Pacarnya tersenyum puas, sambil nyeruput jus jambu pesenannya. Dia vegetarian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar