Senin, 10 November 2008

DIGI HARI: BUZZ!

Kriiiittt..

Kursi kerja berwarna biru itu berbunyi pas Digi duduk dan bersandar. Digi mengeluarkan sebungkus rokok dari tas selempangnya yang tergantung di papan pembatas, mengeluarkan satu rokoknya, dan mencari-cari korek. Oh iya, koreknya ada di jumpernya, tadi temennya sempet minjem dan katanya ditaro di jumpernya waktu Digi bikin kopi di belakang.

Jumpernya digantungin di sandaran kursinya. Digi Cuma butuh ngerogoh kantongnya dan nemuin korek di kantong sebelah kanan. Korek gas. Digi ngga pernah pake korek kayu yang sekali pake buang. Ngurang-ngurangin pohon katanya.

Digi nyalain satu rokoknya, menghisapnya pelan-pelan, dan mengeluarkan asapnya ke atas. Dia lalu menggerakkan mouse komputernya ke icon smiley, yahoo messenger. Ngekliknya dua kali, dan menuliskan id plus passwordnya.

Sambil menunggu loading, Digi menyeruput kopi hitam pait yang tadi diubuatnya. Menyeruputnya pelan, dan menelannya dengan nikmat. Ajaran Kakeknya dulu waktu masih hidup. “Sejatinya kopi adalah tanpa campuran, hitam dan pahit.” Gitu kata Kakeknya. Dulu waktu Kakeknya masih hidup, Digi selalu minum kopi di cangkir besar, sama kayak Kakeknya dulu.

Yahoo messengernya udah kebuka. Digi geleng-geleng kepala, “Ckckck.. makin malem makin banyak aja yang online.” Dia ngeliat satu-satu nama yang ada di list. Satu hal yang paling disukai dan bisa bikin Digi tersenyum kecil adalah, status orang-orang yang online. Dan semakin malam, semakin aneh aja status orang-orang ini.

“Lagi online lho.. yuk chatting!” Dita, temen satu kampus Digi, yang emang hobi banget ym-an, sampe inbox hp-nya nyaris kosong, karena dia emang jarang sms-an pake hp, saking seringnya ym-an di handphone.

“Ayo..!! kobarkan pesan revolusi!!” Ini status ym Jojo, temen yang dikenalnya waktu iseng-iseng ikut pergerakan mahasiswa pas awal semester dulu. Masih aja dia jadi aktivis. Digi kaget dan heran ngeliat foto ym-nya Jojo, dan hampir ga percaya sama apa yang diliatnya. Foto Jojo berdua nempel di muka sama satu cewek. “Walah.. aktivis juga bisa jatuh cinta ya..??!!” Padahal seinget Digi dulu, Jojo ini tipe aktivis sejati. Yang ada dipikirannya Cuma pergerakan doank, mana sempet mikirin cinta. Ah, ternyata aktivis juga manusia..

Digi masih asik ngamatin status temen-temen online-nya. Makin aneh dan macem-macem aja. Ada yang lucu juga. kayak, “Ada yang tahu jalan ke Semarang..?”. liat peta aja seeh. Ada juga yang frustasi, “Kenapa..?! kenapa..?! kenapaaa..?!!”. Ada yang lagi jatuh cinta juga kayaknya, “Lagi online sama yayang neeh.. sssttt..”

Digi sebenernya bukan tipe orang yang suka dengan hubungan di dunia maya. Tapi karena tuntutan, jadi ya mau ngga mau mesti mau. Biasanya kalo dia online pun, statusnya selalu invisible. Malem ini kebetulan Digi lagi pengen iseng-iseng aja masang status online. Bener aja, sekalinya online, langsung pada nyerbu. Kebanyakan nanyain kabar, kemana aja ngga pernah online, atau sombong invis terus sekarang. Digi ngejawab dengan santai semua message yang masuk. Sampai tiba-tiba..

“BUZZ!”

Kotak message Digi bergetar. Lori. Digi tersenyum. Lori adalah temen seperjuangannya dulu waktu di kampus. Temen seperjuangan yang Cuma sebentar, karena Lori keburu lulus duluan.

“DIGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII..!!”

Kebiasaan Lori emang gitu, selalu memulai obrolan make manggil nama dulu. Pake huruf besar semua dan huruf terakhirnya dibanyakin. Digi mengetik balasannya.

“Hey, Ri..”

“Aduh.. si cowok sombong ini akhirnya muncul juga di dunia maya..”

“Hehehe.. iseng-iseng aja.. apa kabar kamu, Ri..? di pulau mana kamu sekarang..?”

Lori ini emang anak yang kelewat cerdas. Dia lulus dari fakultas hukum Cuma tiga tahun. Tiap ada semester pendek dia selalu ngambil mata kuliah sebanyak yang diijinin. Tapi anehnya, nilai IPK-nya paling tinggi satu angkatan, padahal dia masih sempet main, jalan-jalan, dan sempet jadi aktivis juga. digi sempet nyurigain, dia punya alat pembagi diri model Hermione di Harry Potter. Abis kalo ditanya gimana caranya, dia Cuma bilang, “Kalo ada niat, pasti ada jalan koq!” sambil nyengir jail.

“Bae-bae aja koq.. gw lagi di Papua neeh..”

Digi geleng-geleng kepala. Terakhir ngobrol, dia lagi di Kalimantan, waktu itu dia ikut jadi aktivis lingkungan. Nuntut perusahaan-perusahaan yang nyalah gunain HPH. Sekarang dia udah di Papua lagi. Dasar nomaden..

“Ngapain di sana..? syuting Denias 2 ya..? hehehe..”

“Sembarangan.. gw lagi jadi guru nih disini..”

Walah.. jadi guru dia sekarang. Digi makin kagum sama temennya ini. dulu waktu di kampus, Lori ini termasuk cewek paling idealis yang pernah dia kenal. Dia selalu mertahanin pendapatnya sebisa mungkin. Dan pandangannya bener-bener yakin tentang sesuatu kalo dia udah berpendapat. Cita-citanya masuk hukum waktu itu mau ngebuktiin bahwa yang orang-orang liat selama ini tuh salah, kalo hukum di Indonesia itu ngga seburuk apa yang dibilang.

“Masa seeh semua orang korupsi..? emang ngga ada orang hukum yang masih peduli sama hukum..?” Lori mulai diskusi di suatu sore sama Digi. Digi yang emang pada dasarnya udah apatis sama soal hukum di Indonesia, Cuma tersenyum kecil.

“Sekarang lo liat aja deh. Soal kecil aja neeh ya. Kayak kemaren. Gw bawa motor lupa ngga pake helm, dan emang lagi sial aja, pas ada razia polisi. Kena lah gw. Dan lo tau apa yang diomongin sama polisi yang nilang gw..?”

“Dia pasti mau nahan SIM sama STNK lo kan..?”

“Pada akhirnya seeh itu. Tapi awalnya ngga tuh. Dia langsung nanya, mau sidang di pengadilan apa di tempat. Lo tau gw orangnya kayak gimana kan..? gw bilang aja, “Di pengadilan aja, Pak..”

“Trus, polisinya ngasih lo surat tilang kan..?”

“Nanti dulu.. dia ngga langsung ngasih gw surat tilang. Dia malah ngeraguin keputusan gw, “Beneran, Mas mau sidang aja..? mending disini aja. Sama aja kok, Mas..” gitu kata polisinya.”

“Trus lo mau..?”

“Ya, ngga lah.. menurut lo..? gw paling anti deh sama kayak gitu. Akhirnya gw minta surat tilang aja, dan polisinya kayak yang sebel dan setengah hati gitu bikinin gw surat tilang. Dan masih sempet nanya lagi waktu mau ngasih gw surat tilang, “Yakin nih, Mas..” buset deh. “Yakin, Yakin! Yakin, Pak!” sampe gw nyaris teriak waktu itu. Nah.. lo masih percaya ada orang hukum yang peduli sama hukum..?”

Lori diem sebentar, dan ngomong, “Gw yakin kok ada!”

Dan dia emang bener-bener pengen ngebuktiin kalo keyakinannya itu bener. Abis lulus dari fakultas hukum, Lori sempet ngikut seorang pengacara terkenal. Waktu itu dia jadi semacam asisten pengacara itu. Ngga nyampe setaun, Lori udah ngga tahan.

“Gila! Busuk banget! Apa yang gw pelajarin selama ini di kampus, ternyata nol besar di kenyataan!” Waktu itu Digi lagi pusing karena dia ada tugas kampus yang banyak banget, dan Lori dateng tiba-tiba ke kostnya.

“Masa udah jelas-jelas lawan gw itu salah.. Eh, lo tau..?!! dia dibebasin, karena dibilang buktinya kurang kuat!! Gila! Edan! Maunya apa coba mereka itu..!!?” lori makin kesel dan beapi-api waktu dia cerita.

Belakangan Digi tau dari Lori, kalau dia juga sempet dibujuk sama pengacaranya itu supaya ngga usah keluar. Pengacara itu bilang, dia juga sempet ngerasain kekecewaan yang sama waktu dia pertama kali masuk ke dunia kayak gini. Cepet-cepetan ngelobi pake duit. Cepet-cepetan ngasih duit biar kasusnya lolos.

“Udah nanti kamu juga biasa koq..” Itu yang dibilang pengacaranya ke Lori waktu dia mutusin buat berhenti. Belakangan juga ketahuan, kalo orang kayak Lori ini cocok banget buat ngelobi. Fisik lori yang mendukung, perempuan, wajahnya menarik, tau hukum, dan pinter ngomong lagi.

“Tapi itu Cuma tempelan, Gi. Lo tau apa yang paling penting dari gw?” Waktu itu Lori cerita, “Karena gw perempuan! Brengsek banget kan..??!”

Digi ngangguk-ngangguk. Lori ini emang feminis. Setelah itu, tau-tau Digi dapet kabar kalo Lori lagi di Kalimantan.

“Jadi guru..? guru apaan lo disana..? apa kabar Kalimantan..?” Digi ngebales message Lori yang tadi.

“Kalimantan..? bae-bae aja. Disana gw belajar lebih banyak lagi, Gi. Kayak lingkaran setan disana tuh. Soal perambahan hutan maksudnya.”

“???”

“Ah, lo.. pura-pura ngga tahu. Jadi gini, orang-orang asli sana tuh butuh duit buat makan sehari-hari, cara paling gampang adalah jadi orang suruhan buat nebangin pohon. Duitnya lumayan. Tapi sampai disana aja kalo orang-orang asli sana. Nah.. cukong-cukong pohon itu yang ngelanjutin. Dari situ ada illegal logging. Sederhananya sih gitu.”

“Oh, gitu..”

“Agak susah juga ya nyelesain masalah kayak gitu. Pertama, masyarakat asli sana udah tergantung banget sama keadaan kayak gitu. Belon lagi persekutuan aparat, pejabat, sama cukong-cukong itu. Wah.. bener-bener lawan yang berat.”

“Trus.. apa yang lo lakuin disana donk..?” Digi emang sengaja makin mancing Lori. Kalo udah kayak gini, Lori biasanya makin semangat buat ngeluarin pendapatnya.

“Ya.. gw ngedeketin orang-orang asli sana. Gw ngumpulin orang-orang disana. Kita diskusi bareng. Sebenernya mereka tahu apa ngga sama yang dilakuin selama ini. kenapa mereka mau ngelakuin itu. Lo tau kenapa..?”

“Ekonomi.”

“Iya bener.. ujung-ujungnya duit emang. Nah.. gw disana sama temen-temen gw, nyari solusi biar mereka sadar dan ngerti kalo itu pada akhirnya bakal nyusahin mereka juga. lo miris ngga sih..? di Kalimantan udah mulai longsor dan banjir..? padahal kan disana paling banyak hutannya di banding daerah lain di tanah air tercinta kita ini..?

Kalimat terakhir di miringin. Nyindir maksudnya.

“iya.. trus.. berhasil ngga..?”

“Berhasil secara keseluruhan sih ngga. At least, gw dan temen-temen disana berhasil bikin satu kelompok masyarakat yang akhirnya nolak kalo disuruh nebangin pohon lagi. Dan mereka lebih milih nyari kerjaan lain buat bertahan hidup.”

“Nice..”

“Thx..”

“So.. jadi guru apa lo di Papua..? ngga ngajarin feminisme kan disana..?”

“Hehe.. ngga, atau setidaknya belon. Ho.. Gw ngajarin anak-anak disana belajar baca sama nulis. Yah.. Model di film Denias itu lah.. Keren kan..??”

“Oh iya..? seru banget tuh..?! butuh guru tambahan ngga..? gw mau deh..?!! hihihi..”

Lori is offline

“Ah, Lori.. Masih tetep ngga berubah dia. Sukanya muncul tiba-tiba. Ngilang tiba-tiba.” Digi geleng-geleng kepala, ngebayangin Lori yang waktu di kampus dulu bikin semua cowok yang mau ngedeketin dia jiper duluan. Sekarang dia udah nemuin dunianya sendiri, dan Digi makin kagum sama cewek ini. Digi senyum-senyum..

“BUZZ!”

Sekali lagi kotak message Digi bergetar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar