Kamis, 20 November 2008

DIGI HARI: MENGHUBUNGKAN ORANG

“Hai.. dah lama nunggu ya..??”

Digi nyengir pas nyampe depan rumah pacarnya.

“Hmmn.. Lumayan. Kamu kemana aja seeh..?”

Hari ini pacarnya pake jumper putih dan celana jins, plus sepatu converse putih ada ornamen merah sedikit. Keliatan tomboy emang, tapi tetep keliatan cewek banget, karena rambutnya yang item panjang dan terurai bebas.

“Hehehe.. biasalah. Anak kost. Jadi agak lama sedikit..”

“Anak kost..? Apa hubungannya..?”

“Itu anak-anak kost, pada telat bangunin, jadi deh aku juga telat. Maap yak..?” Digi makin lebar nyengirnya.

“Hmmn.. anak kost apa emang kamunya yang susah dibangunin..? dasar..!!” Dia nyubit kecil tangan Digi.

“Ya kurang lebih kayak gitu lah.. udah, naek lah. Nanti keburu panas.” Digi ngasih helm ke pacarnya.

“Udah panas juga seeh kayaknya.” Nyindir.

“Dikit.”

“Kamu tuh nyebelin..”

Sekarang punggung Digi yang dicubit.

Mereka berdua pun meluncur naik motor tua-nya Digi. Tua, karena motor itu warisan alias turunan dari Ayahnya dulu. Model motor cowok, tapi udah di akalin disana-sini. Namanya juga motor tua. Dulu asepnya ngepul kemana-mana, tapi sejak isu global warming makin kenceng, Digi jadi ga enak sendiri. Akhirnya dia ngakalin gimana caranya biar knalpot motornya ngeluarin asep sehat. Pake usaha sana-sini, akhirnya bisa juga. Sekarang Digi bisa tenang kalo dibelakangnya ada motor lain. Biasanya dia suka ngga enak ati sama orang lain yang ada dibelakangnya. Abis, kena asepnya melulu.

Hari ini rencananya Digi mau nganterin pacarnya periksa gigi. Kawat gigi lebih tepatnya. Dan karena hari ini Digi juga libur. Ngga ada kuliah. Ngga ada order job, jadilah Digi dengan setia mengantarkan pacarnya itu ke dokter gigi.

“Nganterin doank lho ya..? dan aku tunggu diluar aja..” Tanya Digi ngeyakinin pacarnya waktu diminta nganterin, kalo dia Cuma bakalan nunggu di ruang tunggu aja nanti.

“Iya.. iya. Cerewet amat sih kamu..? lagian sampe ketakutan kayak gitu.. dokter giginya ngga ngapa-ngapain kok..” Pacarnya sampe sebel ngeliat Digi yang ketakutan dan jadi cerewet minta ampun.

“Hu.. kamu ngga tau aja. Aku dulu pernah hampir tiga jam nganga gara-gara dokter gigi!” Digi mulai cerita.

“Oh, ya..?”

“He eh! Waktu itu aku kelas tiga smp kalo ngga salah. Biasa.. tumbuh gigi. Waktu itu aku dianterin Mamah.”

“Terus..?”

“Tadinya Cuma mau cek rutin aja. Eh.. ngga taunya dokternya ngeliat kalo ada gigi tumbuh. Dan langsung divonis suruh di cabut. Kalo ngga, bakalan tambah sakit nantinya. Padahal sebelumnya aku ngga berasa apa-apa.”

“Hmmn.. ada benernya juga seeh dokter itu.”

“Bener seeh bener.. tapi masa iya aku harus nganga selama tiga jam? Mana sakitnya bener-bener sakit lagi.”

“Emang ngga pake dibius dulu..?”

“Wah.. bukannya ngga pake lagi, sampe kata dokternya udah ngga mempan biusnya!”

“Terus..?”

“Ya.. akhirnya aku tiga jam ngebuka mulut. Udah kayaknya nunggu ajal aja itu. Abis gigi tumbuhnya ngga selesai dicabut juga. sampe dokternya pucet dan kayaknya ampir keilangan harapan.”

“Ah.. berlebihan kamu tuh..”

“yee.. beneran! Tanya Mamah tuh kalo ngga percaya.”

“Emang Mamah mu ikut didalem juga..?”

“Iya.. kan dia nemenin aku. Mamah tuh sampe mau pingsan katanya denger aku ngerang-ngerang kesakitan. Waktu giginya mulai dicongkel dari bawah, ngga taunya patah..”

“Uh..”

“Terus ternyata dokternya baru nyadar kalo akar gigi ku yang mau dicabut itu ngga normal. Dan mesti di sogok-sogok dulu..”

“Aduh..”

“Sampe akhirnya..”

“Kenapa.. akhirnya kenapa..?”

“Giginya berhasil dicopot! Tapi darahnya ngga berhenti keluar. Malemnya, aku ngga bisa tidur karena mesti nahan ganjelan kapas biar darahnya berhenti. Uh, bener-bener deh..”

“Oh gitu..”

“Yaa.. gitu doank reaksinya..??”

“Hehehe.. emang harusnya gimana..??” Sekarang giliran pacar Digi yang ketularan nyengir kalo udah terpojok.

Akhirnya Digi mau juga setelah dibujuk sama segelas es teh dan sepiring gorengan buat nemenin ke dokter gigi. He.. murah banget ya sogokannya..?

Sampe ke dokter gigi ternyata masih sepi, jadi pacarnya Cuma perlu ngantri sebentar. Dan pas gilirannya, Digi tetep ngga mau masuk, keukeuh nunggu diluar aja. Sambil ngambil majalah tua di bawah meja tunggu, Digi merhatiin orang-orang yang ada disana.

Ada satu ibu-ibu dan anak perempuannya yang masih remaja. Keliatannya seeh anak perempuannya itu nemein Ibunya, soalnya dia keliatan sehat-sehat aja dan asik mainan hp-nya. Ibunya malah keliatan agak pucet dan nahan sakit.

Lama-lama Digi perhatiin, si anak perempuan ini makin asik mainan hp-nya. Belum sempet komentar didalem hati, Ibunya ternyata berpikiran sama,

“Sms-an terus.. pantesan cepet abis pulsanya tuh.. sms-an sama siapa sih kamu..? Si Ibu mulai ngomentarin anaknya yang daritadi mainan hp sambil senyum-senyum sendiri.

“Idih.. Mamih.. siapa yang sms-an. Ini namanya Ym-an. Lebih murah daripada sms-an.!” Si anak perempuan itu ngebela diri. Tapi abis itu langsung asik lagi sama hp-nya.

“Aduh.. Apa lagi itu..?” Tanya si Ibu ngga ngerti.

“Ha..? Gimana ngejelasinnya ya..?” Anak perempuan itu garuk-garuk kepala bingung. “Jadi ini pake internet, Mih.. hampir sama kayak sms-an sih, tapi kalo ini bisa lebih cepet.. dan lebih banyak.. namanya chatting..” Anak perempuan itu nyoba ngejelasin ke Ibunya, dan langsung asik lagi sama hp-nya, ngga peduli sama tampang Ibunya yang masih bingung ngga ngerti.

Diem-diem Digi tersenyum geli. Jadi inget salah satu temen kantornya yang dijulikin Miss Ym. Karena kerjaannya tiap hari emang ym-an terus, ngga di komputer, di laptop, sampe di hp. Sempet Digi iseng-iseng ngeliatin komputernya waktu temennya ini lagi ke toilet, “Buset.. banyak aja temennya. Online semua lagi.” Belum lagi ada 10 orang yang lagi chatting sama dia, dan itu masih ada beberapa converence juga.

Digi Cuma geleng-geleng kepala ngeliatinnya. “Gimana cara ngebalesin semua? Wah.. cocok banget dia kalo jadi sekertaris. Ngetiknya pasti cepet.”

“Terus.. apa yang kamu obrolin di.. apa tadi.. ym itu..??” Si Ibu tadi ternyata belum menyerah.

“Apa,Mih..?” Jawab si anak perempuan itu. Matanya ngga pindah dari layar hp-nya.

“Duh nih anak.. diajak ngobrol orang tua juga. kamu ngobrolin apa disana..?” Ibunya dengan terpaksa ngulang pertanyaannya.

“Ohh.. rahasia! Ah Mamih pengen tau aja sih..? Hehehe..” Si Anak Perempuan itu nyengir lebar dan nakal.

Daritadi Digi merhatiin dan dengerin pembicaraan Ibu-anak ini. walaupun matanya ada di majalah tua yang lagi dia baca, tapi kupingnya tetep tajem buat dengerin obrolan Ibu-anak itu. Dan dia tersenyum kecil..

Apa yang diobrolin..? iya ya.. apa ya yang diobrolin sama mereka yang sampe ym-an lewat hp. Digi aja rasanya udah mau muntah, kalo lebih dari tiga jam nongkrong di depan komputer. Apalagi ini ditambah ym-an, padahal bisa jadi yang di ajak ym-an itu temen sendiri, yang pastinya udah kenal duluan. Trus.. apa ya yang diobrolin..? digi jadi bingung sendiri.

Waktu itu Digi juga sempet iseng-iseng nanya sama si Miss Ym itu, apa yang lagi diobrolin kalo lagi chattingan. Jawabannya,

“Macem-macem.”

“Kayak gado-gado aja macem-macem”

“Iya.. kadang yang gw obrolin tuh bisa apa aja. Mulai dari kebiasaan pub sampe politik. Tapi yang paling seru dan bisa bikin tahan apalagi kalo bukan..”

“Apaan..?”

“Cinta.”

“Heh..?”

“Iya.. cinta. Hubungan pasangan. Curhat lah gitu. Dan lo tau, Gi..? d Ym, setiap orang pasti jadi diri yang beda. Gw jadi diri gw yang beda kalo udah d ym. Karena ngga ada batasan apapun disana. Ga perlu jaim dan pura-pura segala. Dan lo tau ga..?”

“Apa lagi..?”

“Banyak orang yang pendiem aslinya, tapi kalo udah di ym atau di dunia maya kayak gitu, bisa jadi orang yang berubah sampe 360 derajat! Eh, kebanyakan. 180 derajat!”

“Oh yaa..??”

“Ya ohh..!!”

Hehehe.. Digi jadi tambah senyum-senyum sendiri kalo nginget obrolannya itu. Bener juga seeh.. kadang dia pun jadi orang yang beda kalo udah d Ym atau d internet. Ga perlu takut ketauan kalo lagi boong atau apa. Karena namanya tulisan atau teks itu emang multi tafsir. Makanya pinter banget yang bikin konsep emoticon itu. Bisa ngurangin resiko salah pengertian. Walaupun kadang juga malah bikin salah paham.

Tapi buat Digi, apa yang ada di dunia maya, mesti tetep di dunia maya. Jangan dibawa-bawa ke dunia nyata. Nanti malah bingung.

Digi termasuk orang yang ngga percaya sama cinta di dunia maya bisa kejadian di dunia nyata. Karena itu dua dunia yang berbeda.

He.. kayak dunia ghaib aja.

Sampe pacarnya selesai dari ruang periksa, anak perempuan itu masih asik Ym-an di hp, dan Ibunya masih tetep ga ngerti apa yang lagi di lakuin sama anak perempuannya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar