Senin, 01 Desember 2008

DIGI HARI: JEDAK JEDUG

“Disini tempatnya..?” Tanya Digi sambil ngeliatin bangunan di depannya yang futuristik abis.

“Iya, disini.. emang lo belon pernah kesini ya..?” Rina yang turun dari motor Digi sambil ngelepas helm ngejawab.

“Kayaknya seeh ini pertama kali.. Baru buka ya..?? kayaknya dulu disini bukan tempat kayak gini deh..?”

Digi dan Rina malem itu dapet tugas buat ngeliput launching albumnya satu band lama yang mau nyoba balik lagi ke industri musik. Dapet undangan langsung dari label-nya. Digi ngeliput, dan Rina yang moto. Tempatnya di salah satu club dan termasuk baru juga itungannya.

“Iya baru.. belum ada setengah tahun juga kayaknya.” Sekarang Rina lagi ngebenerin rambutnya. Tas merah besar ada di punggungnya. Isinya kamera pasti.

“Ohh.. Pantesan gw kayaknya koq ga pernah liat..” Kata Digi sambil ngeluarin dua id-card pers. “Neeh..” Katanya sambil nyerahin ke Rina.

Mereka berdua jalan ke pintu masuk. Di sekitar venue udah penuh sama branding salah satu perusahaan rokok. Acara ini emang disponsorin rokok. Di pintu masuk udah ada beberapa SPG yang menyambut tiap orang yang dateng.

“Silahkan, Mas..” Sapa seorang SPG yang lumayan cantik.

“Ehh.. makasih mba..” Kata Digi agak gelagapan, sambil nerima dua bungkus rokok merah dan hijau. Si Mba SPG tersenyum manis.

Pas udah di dalem Rina ngeledek, “Eh.. kenape lo..? sampe segitu groginya..”

“Apaan seeh.. Ngga ah biasa aja..” Digi ngeles.

“Alaaahh.. keliatan banget lo.. grogi pas ditawarin rokok tadi..” Rina ga percaya gitu aja.

“Hehehe.. iya deh.. agak kaget gw emang tadi..” Digi cengengesan ngejawab.

“So..?” Tanya Rina sambil ngeluarin kamera dari tasnya. Mereka udah nemuin tempat duduk buat undangan.

Digi garuk-garuk kepala sambil nyengir, “Ngga.. beberapa kali gw dateng ke event yang disponsorin sama rokok ini,” Digi nunjukin dua bungkus rokok yang dikasih tadi, “Dia selalu jadi SPG-nya. Dan lo liat sendiri lah.. beda sama SPG-SPG lainnya kan..? terlihat cantik tanpa harus seronok atau kelewat menor. Iya kan..?”

“Ohhh.. yakin Cuma itu aja..?” Rina mulai berdiri. Kamera ada di tangannya.

“Eh.. mau kemana lo..?”

Tapi Rina ngga ngejawab, dia berjalan pelan ke arah pintu keluar. Digi cuman geleng-geleng kepala aja. Rina emang selalu jadi partnernya kalo dapet tugas ngeliput-ngeliput kayak gini. Karena dia emang fotografer yang bagus. Digi pernah ngeliat foto-fotonya, kebanyakan adalah konser-konser musik. Dan dia selalu bisa nemuin objek yang seru buat di foto.

“Lo bakal nemuin banyak objek yang seru buat di foto kalo konser-konser kayak gitu. Karena kalo orang udah ngalamin ekstase, apalagi buat bermusik, mereka bakal jadi diri mereka sendiri. Mau musisinya, mau penontonnya, kalo udah gitu, bakal jadi objek yang keren banget buat di foto.”

Ckckck.. Digi cuman bisa ngangguk-ngangguk aja denger penjelasan si Rina waktu itu. Satu hal yang bikin Digi admire sama perempuan, selain rambut panjang, adalah kamera. Girls with camera. Keren banget keliatannya..

“Woi..!! ngelamun aja lo..!” Tiba-tiba Rina muncul dan nepuk punggung Digi.

“Hhhh.. kaget gw..!! darimana lo..? tiba-tiba maen keluar aja lo..”

“Hihihi.. Santai, Gi.. Santai.. lo pasti seneng deh.. Neeh..” Kata Rina sambil ngeliatin LCD kameranya.

“Widiihhh..”

“Hehehe.. benerkan lo suka..?”

“Wah.. lo emang pengertian banget, Rin..!!” Digi masih ngeliat ke arah LCD kamera-nya Rina. Disana ada foto SPG yang tadi bikin Digi grogi. Dan tangan kanan Rina mencet kursor yang bikin foto berganti. Banyak juga fotonya. Bahkan Rina bisa dapet foto SPG itu yang lagi sengaja gaya di depan kamera. Kayaknya dia berhasil ngebujuk cewek itu buat pose.

“Jadi.. siapa namanya..?” Tanya Digi setelah puas ngeliatin foto-foto tadi.

“Yee.. tanya sendiri sih.. udah sukur gw fotoin.. dasar lo..!” Rina matiin kameranya.

Digi garuk-garuk kepala lagi sambil nyengir.

“Eh.. dianggurin aja tuh rokok.” Kata Rina sambil nunjuk dua bungkus rokok yang masih terbungkus.

“Lo ga keberatan gw ngerokok..?” Tanya Digi.

“Emang gw ada pilihan lain..?” Rina tersenyum tipis.

“Ada lah.. kan gw tadi nanya lo dulu..” Digi agak kesel juga digituin.

“Hehehe.. ngerokok aja ga pa pa.. gw cukup tau diri kok.. di tempat kayak gini, gw yang harus ngikut. Ngga mungkin jadi idealis disini. Gw cukup tau diri kok.” Kata Rina sambil ngeliatin sekelilingnya. Udah mulai penuh sama orang meja-meja yang ada disana. Dan semuanya emang ngerokok. Ngga cowok ngga cewek.

Digi ngebuka satu bungkus rokok, “Ok deh..” Dia lalu nyalain rokoknya. Tapi ngga tau kenapa, jadi agak kikuk ngerokoknya. Dan Rina nyadarin itu.

“Gw keliling dulu yak..? biasa.. cari objek yang seru buat di foto.” Rina ngambil kameranya yang ada di meja. “Lagian.. Gw geli ngeliat elo ngerokok kayak orang yang baru ngerokok. Ngga tenang gitu.” Diapun pergi ke arah deket panggung, dan mulai nyari-nyari objek yang seru buat di foto.

Digi jadi salah tingkah. Tapi emang bener juga, sendirian disana, dia jadi lebih enak ngerokoknya. Sambil nikmatin rokoknya, Digi ngeliat-liat keadaan disana. Ngga tau kenapa, dia ngga pernah nyaman dengan namanya Club. Apalagi yang emang khusus buat dugeman. Pertama, karena disini pasti gelap. Kedua, kalaupun ada lampu, pasti dari lighting panggung yang kadang ngga nyaman buat mata. Belum lagi kalo ngobrol mesti teriak-teriak, karena suara musik dari DJ yang jedak jedug. Tapi bukannya tempat konser juga kayak gitu ya..? Ahh.. emang agak sensi aja kali ya Digi ini..

Emang seeh kebanyakan DJ yang main di tempat kayak gini, walaupun yang manggung disana kadang juga live band. Kayak malem ini, band yang bakal manggung bolehlah dibilang rajanya pop rock di jamannya, tapi kenapa milih tempat yang kayak gini, Digi masih belon paham juga. dan itu jadi satu hal yang disayangin banget.

Lagi bengong gitu, dari pintu masuk ada serombongan cewek dengan dandanan yang kelewat heboh. Baju ketat yang backless plus rok mini. Di tangan kiri mereka semua ada rokok yang menyala setengah, mereka masuk dengan cekikan dan langsung mojok di table deket bar.

“Pada ngga dingin apa ya mereka itu..? Digi ngomong sendiri, tapi matanya tetep ngeliatin bayangan cewek-cewek tadi. Digi aja yang udah pake jaket, masih berasa kedinginan.

“Tapi lo suka kan ngeliatnya..” Rina udah ada di samping Digi lagi.

“Aduh duh.. lo ini sukanya muncul tiba-tiba ya..?” Protes Digi karena dia kaget lagi.

“He.. udahlah. Cewek-cewek kayak gitu ada karena cowok-cowok kayak lo juga..” Kameranya udah ada diatas meja lagi sekarang.

“Bentar dulu.. jangan maen nuduh aja donk lo..” Digi ngga terima, “Maksudnya gimana tuh..?”

“Yeah.. lo liat deh tempat ini.. banyakan cewek apa cowok yang dateng..?”

Digi ngeliatin sekelilingnya. “Banyakan cowoknya seeh.. terus?”

“Nah.. itulah kenapa, tiap malem ada yang namanya free for ladies. Cewek boleh masuk gratis. Kadang bahkan ada yang bikin acara, cewek boleh minum gratis sepuasnya. Apalagi kalo tujuannya bukan..” Rina ngga ngelanjutin kalimatnya, nunggu reaksi Digi.

“Biar cowok-cowok pada dateng..?”

“Yahh, gitulah..” Suaranya datar. “Picik banget kan..?”

“Tapi kan cewek-cewek itu juga mau..” Digi berargumen, tapi bukan berarti dia setuju.

“Like i said before. Mereka kayak gitu karena memang ada yang seneng ngelia mereka kayak gitu. Dan itu emang udah kayak lingkaran setan. Tapi ujung-ujungnya Cuma satu: kepuasan cowok!”

Digi mau ngasih bantahan, tapi ngga jadi karena mulut Rina udah kebuka buat ngelanjutin argumennya lagi.

“Sekarang, kalo banyak cewek yang dateng ke club, siapa yang bakal lebih banyak dateng..? cowok kan..? kalo cewek-cewek itu pada mabok karena kebanyakan minum, siapa yang seneng..? cowok juga kan..? Damn!”

Rina mulai berdiri lagi dan ngalungin kameranya.

“Dan lo tau apa yang paling bikin gw muak..?”

“Cowok..?”

“Bukan.. justru cewek-cewek itu.. kenapa mereka ngga mau lepas buat menuhin kebutuhan cowok..? padahal mereka tahu itu..” Dia pergi ke luar, Digi ngga tau kemana.

Agak nyesek di kuping Digi, tapi ada benernya juga. digi ngeliatin bayangan cewek-cewek tadi yang diliatnya. Mereka masih cekikan juga. bedanya, di meja mereka udah ada cowok-cowok lain yang tadi kayaknya ngga bareng mereka masuknya.

Apa ya yang ada di pikiran cewek-cewek itu..? apa mereka ngga pernah capek sama rutinitas tiap malem mereka..? tidur pas kebanyakan orang bangun, dan keluar ketika sebagian besar orang matiin lampu kamar mereka.

Tapi mungkin bagi mereka rutinitas yang biasa orang kebanyakan lakuin juga bisa bikin bosen.. jadi mungkin sama aja kali ya..?

Ada grasak grusuk di meja paling depan. Lamunan Digi buyar. Ada tiga cewek yang berdiri di meja paling depan itu, yang tengah kayaknya kebanyakan minum, mabok, dan udah teler banget. Dua temen lainnya mapah dia ke arah kamar mandi. Jackpot.

Digi geleng-geleng kepala ngeliat itu. Padahal jelas banget ada spanduk besar di balkon dengan tulisan “Drink responsibly”. Tapi apa kenyataannya..? makin banyak yang minum, makin seneng yang punya tempat. Padahal duit yang keluar juga ngga sedikit buat minum-minum ini. don’t know apa yang ada dipikiran mereka menghabiskan sebegitu banyak uang hanya untuk beberapa minuman, yang nantinya toh berakhir di kloset.

Asep rokok udah menuhin hampir semua ruangan. Mata Digi udah makin perih. Suara musik DJ masih kenceng kedengeran di kuping. Agak sebel juga Digi, di undangannya tertulis jam 10 mulai, tapi udah ampir tengah malem gini, masih belum keliatan juga, bahkan crewnya satu pun ngga ada yang keliatan.

Rina ngga tau kemana, pergi keluar begitu aja. Mungkin gara-gara muak ngeliat pemandangan pas tadi keliling nyari-nyari foto. Mungkin yang dia liat lebih banyak daripada yang Digi liat.

Beberapa orang mengompres matanya pake handuk basah yang emang disediain di pojokan. Perih karena asap rokok. Konyol. Digi makin ngga nyaman sendirian disana. Bolak balik ngeliat jam tangannya, kapan acara dimulai.

DJ masih asik main di atas balkon panggung. Ditengah berisiknya musik, Digi masih bisa denger sekilas cekikan cewek-cewek yang dandan heboh tadi. Kadang diselingin sama tawa besar laki-laki yang ada bersama mereka..

2 komentar: