Senin, 22 Desember 2008

DIGI HARI: PULANG PAGI

“Udah siap di jemput..?” Sms Digi ke pacarnya. Jam delapan malem kurang dikit.

Ngga berapa lama, smsnya di bales, “I’m ready when u’r ready, honey..”

“He..” Digi nyengir ke ge er-an baca balesan smsnya. Kadang dia suka kikuk kalo diperlakuin romantis sama pacarnya itu.

“Ok, ok.. Aku sebentar lagi selesai. Habis itu jemput kamu. Tunggu bentar ya..”

Send.

Digi mulai matiin komputer kerjanya. Dia lagi ada di kantor, abis nyelesain satu artikel musik mingguannya. Rencananya malam ini dia mau makan malem di luar sama pacarnya. Bukan sekedar makan malam biasa, tapi lebih spesial, karena hari ini pacarnya ulang tahun. Walaupun pacarnya sempet nolak dan bilang ngga mau di rayain apa-apa, tapi Digi keukeuh, “Ngga apa-apa. Lagian aku kan jarang nraktir kamu. Pluuuss, baru dapet bonus neeh dari kantor. Jadi, mau ya..?” akhirnya pacarnya mau. Dan jadilah malam ini mereka berencana dinner bareng. Semuanya udah disiapin mateng-mateng sama Digi, mulai dari tempat, menu, sampe kejutan apa aja yang bakal dia kasih nanti ke pacarnya.

Digi matiin komputernya, make jumper, ngalungin tas ke bahunya, dan siap berangkat. Tapi tiba-tiba suara yang udah dikenal banget sama Digi, muncul dari pintu di seberangnya,

“Gi.. Kamu jangan pulang dulu ya? Ini ada tambahan artikel yang mesti kamu garap. Deadline besok pagi udah harus masuk. Karena lusa mesti naik cetak. Ok..??”

Belum sempet Digi ngejawab, pintu ruangan di seberangnya udah ditutup.

“Mati, gw..!!” Digi duduk lemes di kursi kerjanya. Ngeliat monitor komputernya yang udah mati dengan kosong.

Pak Anggry, pemimpin redaksi musik majalah di mana Digi jadi wartawan frelance-nya, emang punya hobi ngasih kerjaan last minute. Digi udah beberapa kali dapet kayak gini.

“Tapi kenapa harus malem ini..?? Ahhh..” kebayang wajah pacarnya yang pasti kecewa banget acara malam ini dibatalin, apalagi gara-gara kerjaan.

“Gi.. Kamu masih disana kan? Bagus. Kamu cek materi dan apa aja yang mesti kamu kerjain di email kamu ya? Saya udah kirim lewat email tadi. Ok? Bagus.” Pak Anggry nongol lagi di pintu ruangannya, dan langsung ngilang begitu selesai ngomong.

Ngga ada pilihan lain. Digi harus ngerjain kerjaan ini. Dia nyalain komputernya dengan lemes. Pikirannya masih melayang ke acara makan malam yang pastinya gagal. Digi ngambil handphone dari tasnya, dan nelpon pacarnya.

Tut..... tut.....

“Halo..?” Suara di seberang sana ngejawab. Suaranya tersenyum senang.

“Kamu udah siap ya..?” Digi ngejawab dengan lemes.

“Lho kamu kenapa..? kok lemes gitu..? kamu ga kenapa-kenapa kan..? kamu dimana sekarang..?”

“Masih di kantor..”

“Di kantor..? jangan bilang kalo kita ngga jadi pergi..”

“Itu dia.. aku tiba-tiba dikasih kerjaan yang mesti aku kerjain sekarang, karena besok pagi udah harus jadi..”

Ngga ada suara apa-apa diseberang sana.

“Aku tahu, aku tahu.. tapi aku ngga bisa apa-apa. Kamu tahu sendiri Pak Anggry itu gimana kan..? aku minta maaf ya.. Ngga tau gimana, aku pasti bakal nebus kesalahanku ini. Maaf ya..” Digi nyelesein penjelasannya yang dia tahu ngga bakal berarti apa-apa.

“Ngga apa-apa..”

Telepon dimatiin. Digi ngeliat layar handphone-nya dengan lemes. Mimpi apa dia semalem ya? Sampe harus ngalamin kayak gini? Apa dia udah ngelakuin kesalahan, sampe harus gagal semua rencananya?

“Udah mulai kamu kerjain kan, Gi..? Bagus!” Suara Pak Anggry muncul dan menghilang hampir bersamaan dari balik pintu ruangannya.

“Hhhhhh..” Digi narik nafas panjang, dan mulai ngebuka emailnya. Setelah nemuin yang di cari di inbox-nya, Digi mulai bekerja.

Setelah tau apa yang harus dilakuin, “Aduh.. ini ga bisa selesai satu-dua jam doank!”

Tapi dia ngga punya pilihan lain. Udah konsekuensi dia milih kerjaan kayak gini. Walaupun masih freelance statusnya, tapi Pak Anggry beranggapan kalo Digi ini punya kemampuan buat jadi wartawan musik. Digi tahu itu waktu di wawancara pertama dulu sama Pak Anggry langsung. Dan dia emang dapet nilai plus karena tulisan tentang musik rock n roll yang emang jadi syarat waktu dia ngelamar jadi wartawan di majalah ini. Karena itu, Pak Anggry naro kepercayaan yang besar buat Digi.

Ngga ada gunanya mikirin yang ngga perlu dipikirin. Mending dia selesain kerjaannya secepetnya, dan pulang trus nelpon pacarnya buat minta maaf lagi.

Tapi sampe hampir ganti hari, ternyata kerjaannya belum selesai juga. artikel yang dia bikin emang butuh data yang lumayan banyak dan lengkap. Itu yang bikin prosesnya jadi makan waktu lama, karena harus banyak browsing.

Digi berniat buat menelepon pacarnya, tapi ngga jadi. Dia pasti udah tidur. Biasanya pun kalo habis pergi sama Digi, ngga lebih dari jam 11 malem, dia udah tidur. Kalo dia nelpon sekarang, malah ngebangunin, dan ganggu dia akhirnya..

Sejam kemudian akhirnya artikel Digi selesai juga. Ruangan Pak Anggry masih nyala. Dia emang biasa bermalam di kantor. Ngga kebayang deh apa yang dia lakuin sampe harus nginep di kantor.

Setelah ngirim artikelnya lewat email ke Pak Anggry, Digi langsung pulang. Tapi emang bener-bener Digi lagi dapet banyak cobaan, ujan turun deres banget. Terpaksa dia jadi ngga bisa kemana-mana. “Hhhh.. Apa salah gw seeh??!”

Hampir jam dua, ujan masih belum selesai, tapi udah lumayan reda. Digi mutusin buat pulang aja. Kepalanya udah berat banget, pengen tidur langsung di kasurnya yang empuk. Digi akhrinya pulang.

Di jalan sepi banget, karena masih ujan juga, udaranya jadi dingin. Jumpernya bahkan kayak ngga ngasih efek apa-apa. Digi ngarahin motornya ke jalanan, ke arah pasar dan pertokoan. Digi biasanya lewat jalan ini buat motong jalan, bisa lebih cepet nyampe kostnya. Tapi Digi belum pernah lewat sini jam dua pagi. Dan apa yang diliatnya bikin miris.

Di pinggir jalan, Digi ngeliat ada satu Bapak-bapak yang lagi tidur di bawah sepedanya. Sepeda tua yang di boncengannya ada keranjang anyaman besar buat ngangkut barang bekas yang dikumpulin. Dia tidur ngga pake alas apa-apa, cuman lembaran kertas koran. Ngga pake jaket, ngga pake selimut. Dan dia ngelingkarin tangannya di atas dadanya. Padahal Digi aja yang udah pake jumper masih berasa kedinginan. Ngga kebayang gimana rasanya Bapak itu tidur di jalan di bawah sepedanya.

Ternyata makin masuk ke pasar, makin ngenes aja. Digi sengaja ngga ngebut-ngebut waktu lewat, karena takut ngebangunin orang-orang yang lagi tidur di emperan toko. Ada yang tidurnya deket-deketan, biar lebih anget, ada juga yang tidurnya pake berlapis-lapis sarung kumuh dan kumal.

Pasar dan pertokoan yang Digi lewatin itu nyaris ngga ada penerangannya sama sekali. Belum lagi jalanan yang berlubang dan becek. Lampu motor Digi yang terang seadanya, jadi sumber cahaya yang nerangin jalan becek itu ketika Digi lewat. Dibelakang motor Digi, kegelapan udah dateng lagi.

Digi emang sering lewat jalan ini, tapi ngga nyangka kalo dia lewat jam segini paginya, pemandangan yang kayak gini yang bakal dia liat. Ada sedikit penyesalan di hati Digi. Jujur aja, ngga kebayang sama sekali, kalo yang bakal dia liat malem ini, bakal sengenes ini.

Di ujung jalan terakhir, satu belokan sebelum jalan keluar dari pasar, ada satu sudut yang penuh dengan sampah yang menggunung. Bau sampah apalagi yang udah kena ujan, makin ngeganggu idung Digi. Motor lebih dipercepat. Tapi di sudut mata Digi, ada sesuatu bayangan yang menarik perhatian Digi. Ada bayangan kayak orang lagi jongkok di tumpukan sampah itu.

Setelah diperhatiin, sesosok bayangan itu adalah seorang bapak berjanggut putih panjang berantakan, rambutnya gimbal panjang karena ngga pernah disisir. Dia berjongkok sambil mengorek-ngorek sampah. Mencari sisa makanan.

“Aduh..” perut Digi berasa di teken sesuatu ngeliatnya. Ngebayangin dingin-dingin gini, Bapak itu masih nyari makan, di tempat sampah pula. Bahkan Digi yang perutnya kosong dari sorepun ngga mau sampe harus ngorek-ngorek sampah buat ngisi perutnya.

Apa kabarnya dinas sosial itu? Katanya mereka yang bertanggung jawab ngurusin orang-orang kayak mereka ini. Tapi Digi pernah lewat kantor dinas sosial ini, gedungnya malah bagus banget. Ok, mungkin yang namanya kantor memang selayaknya seperti itu. Tapi apa toh kerjaan mereka ini? koq ya tiap hari dia masih ngeliat orang-orang yang harusnya bisa lebih layak hidupnya. Ngga perlu tidur kedinginan di bawah sepeda di pinggir jalan. Ngga perlu tidur di emperan toko sambil berpelukan buat ngilangin dingin.

Dan..

Ngga perlu sampe ngorek-ngorek sampah cuman buat ngisi perut.

Digi jadi teringat makanan katering di kantornya yang sering sisa. Karena ngga cocok sama selera yang makanlah, atau bosen sama menunya, atau bahkan karena lagi males ngabisin makanan. Mungkin kapan-kapan temen-temen di kantornya bisa di ajakin liat apa yang Digi liat malam ini, biar ngerasain gimana susahnya nyari makan.

Digi akhirnya keluar dari areal pasar. Hujan masih netes kecil-kecil dan jumpernya makin basah.

Sepuluh menit lagi dia sampe ke kostnya. Jalanan penuh sama genangan air. Digi sengaja ngambil jalan agak ke tengah, untuk ngehindarin genangan air itu. Ngga nyampe 40 km/jam kecepatan motor Digi, dan jalanan masih juga sepi.

Srooooosssshhhh..

Satu motor putih ngebut di sebelah kiri Digi dan bikin genangan air yang dari tadi Digi hindarin, nyiprat dan kena Digi sendiri. Di motor putih itu ada dua anak muda, paling seumuran SMA, cowok cewek, yang cekikikan ngga meduliin sekitarnya.

“Lengkap banget malam ini. Huh!” Dumel Digi di hatinya. Tapi ngga ada niatan buat ngejar motor itu.

Sampe kost, Digi langsung mandi. Semua kamar temen kostnya udah gelap, tanda yang didalemnya udah tidur semua. Sambil ngeringin badan, Digi tiba-tiba inget lagi sama pacarnya yang tadi dia tinggal masih kesel. Ya iyalah kesel. Siapa juga yang ngga..?

Digi ngerogoh hp dari tasnya. Dan sms kalo dia udah nyampe kost sekarang.

Ngga disangka, hpnya bunyi, sms balesan dari pacarnya. Padahal udah jam dua pagi lewat sekarang. Tumben dia belum tidur. Ada apa..?

“Kamu kok belum tidur..?” Tanya Digi pelan di telepon.

“Belum..” Pertanyaan Digi dijawab singkat.

“Kenapa..? biasanya kamu kan ga tidur sampe malem kayak gini..?”

“Ngga apa-apa. Aku nungguin kamu pulang dulu..”

Denger jawaban kayak gitu, di waktu hampir subuh, kekeselan Digi tadi langsung ilang. Digi ngerebahin badannya di kasur. Nyari posisi enak untuk mulai tidur dan beristirahat. Sambil berharap orang-orang yang dilihatnya tadi di jalan, walaupun tidak senyaman Digi tidurnya, bisa beristirahat dengan tenang juga. karena Digi tahu, sebelum matahari muncul, mereka udah harus pergi lagi. Entah kemana..



2 komentar: