Sabtu, 24 Januari 2009

DIGI HARI: SIGHTSEEING

“Hoaaahhmmnnn..” Digi nguap lebar banget.

Pagi itu baru aja jam tujuh pagi. Semalem abis ujan gede banget. Baru berenti sekitar tiga jam yang lalu. Jadi sisa-sisa hujan masih keliatan, daun masih pada basah dan dinginnya masih berasa. Sambil menggigil, Digi mulai komplain, “Harus ya berangkat sepagi ini..?”

Pacarnya tersenyum sambil masukin bekel makanan ke jok belakang mobil, “Iyalah.. Hari ini kan kita mau jalan-jalan sampai malem kan..? Dan.. aku ga mau kita telat nanti nyampenya di tempat tujuan kita. Sayang banget soalnya kalo telat.”

“Emang kita mau kemana seeh..?” Tangan Digi sekarang menumpu kepalanya.

Digi baru aja nyampe sekitar lima belas menit yang lalu di rumah pacarnya ini. Mukanya masih bantal banget. Pacarnya tadi udah kayak nenek sihir yang cerewet ngingetin dia supaya jangan telat, termasuk bangunin dia pagi-pagi banget. Padahal kan abis ujan, pewe banget tuh buat tidur dan males-malesan.

“Heh..!! Jangan malah tidur lagi..!!” Digi kaget, karena dia baru aja mau pules lagi.

“Ngga koq..” Digi nyengir. Tapi karena masih ngantuk berat, jadi agak aneh nyengirnya.

“Ngga ngantuk koq mukanya bantal gitu..”

Hari ini emang hari libur. Digi ngga ada job, pacarnya juga lagi ga ada kerjaan apa-apa. Udah lama sebenernya mereka ngerencanain buat pergi bareng. Terserah kemana aja, yang jelas, jauh dari kota. Cari udara segar gitu deh. Nah.. kebetulan hari ini libur, jadi mereka emang berencana mau jalan-jalan hari ini. tapi naik mobil.

“Kenapa ngga naek motor aja seeh..?” Sekarang Digi udah bangun dari duduknya.

“Emang kenapa kalo naek mobil..?” Bales pacarnya. Dia masih meriksa apa aja yang belum dibawa.

“Kan naek motor lebih enak.. Lebih anget.. Karena bisa lebih deket..” Kata terakhir diucapin sambil cengengesan.

“Huu.. itu sih enak di kamu namanya..” Protes pacarnya. Sekarang udah yakin kalau semuanya udah ngga ada yang ketinggalan.

“Tapi kamu suka kan..?”

“Udah ah.. Pagi-pagi malah ngerayu.. Udah siap semua neeh.. Ayo berangkat..!!” Pacarnya ngebuka pintu mobil sebelah kanan.

“Eh, bentar, Yang..” Kata Digi. “Kamu yakin mau kamu yang nyetir..?”

Pacarnya, yang satu kakinya udah ada di dalem, tiba-tiba ngga percaya denger Digi nanya kayak gitu. “Emang kamu bisa ya bawa mobil..?”

“Ngga..!!” Digi ketawa jail sambil langsung masuk lewat pintu kiri mobil.

“Huu.. Dasar kamu..!!”

Digi emang ngga bisa bawa mobil. Belum bisa tepatnya. Lha.. seumur-umur dia cuman naek motor aja kemana-kemana. Itu juga warisan turun-temurun keluarganya. Kalo yang diwarisin mobil, mungkin dia udah bisa bawa mobil sekarang. Tapi dia ngga keberatan kalo perempuan yang nyetir. Kalo dipaksain juga kan ngga mungkin..? jadi Digi lebih milih buat jadi penumpang yang baik aja.

Mobil sedan biru mungil itu meluncur pelan di jalan raya. Lagu-lagunya Norah Jones, kesukaan pacarnya, jadi backsound perjalanan mereka. Sampai sini Digi masih belum tahu mereka mau kemana.

“Kamu ngga mau ngasih tau ya kita ini mau kemana..?” Setelah setengah jam perjalanan, akhirnya Digi gerah juga pengen nanya.

“Rahasia!” Pacarnya tersenyum jail.

“Huu..”

Digi asik ngeliatin pemandangan diluar. Mereka udah mulai ninggalin pusat kota. Kalo dari rutenya seeh, Digi ngira kalo mereka bakal keluar kota. Yahh.. pasrah ajalah mau dibawa kemana. Aku padamu pokoknya.

Dan.. traffic light pertama mereka setelah ninggalin pusat kota. Mobil mereka ada di paling depan, karena tadi ngga kebagian lampu hijaunya.

“Pegel, Yang..?” Kata Digi sambil mijitin tangan kiri pacarnya.

”Belum.. Kan kita belum jauh banget..” Tapi tetep ngasih tangannya buat dipijitin Digi.

Lampu merahnya lumayan lama. Kalo dari counter-nya seeh lebih dari 100 detik. Dan satu hal yang ngga disukain Digi dari perempatan kayak gini adalah.. pengemis-pengemisnya. Bener aja, sebentar mereka ada disitu, udah ada yang nyamperin mobil mereka. Digi ngelambaiin tangannya, tanda menolak. Dan pengemis itu pergi.

Ngga berapa lama, datang lagi pengemis yang lain, tapi kali ini dari sisi jendela pacarnya. Dan pacarnya ngasih selembar uang seribuan dari celah jendelanya yang dibuka sedikit. Setelah nerima uang yang disodorin, pengemis itu ngucapin terima kasih plus doa-doa buat pacarnya yang udah mau berbaik hati ngasih uang. Pas setelah pengemis itu selesai ngedoain, lampu merah ganti hijau, dan mobil pun meluncur lagi.

“Hmmn.. Kamu emang suka ngasih-ngasih uang ke pengemis gitu ya..?” Tanya Digi ketika mereka udah jalan beberapa menit dari perempatan tadi.

“Yahh.. Kebetulan aja ada receh.. Kenapa..?” Pacarnya agak heran ditanya kayak gitu. Soalnya kan dia juga ngga nanyain ketika Digi ngga ngasih ke pengemis yang nyamperin dia tadi.

“Ngga.. Setahuku seeh, sebenernya kita secara ngga langsung juga bikin mereka jadi keenakan ngemis-ngemis gitu..”

“Tapi tadi kan kasian.. Ibu-ibu itu. Kamu liat sendiri kan tadi..? Mana dia bawa bayi yang masih kecil lagi di gendongannya.. Aku ngga tega aja ngeliatnya.”

“Nahh.. itu dia, Yang..” Digi mulai nyiapin argumennya. “Kalo dari yang aku baca seeh ya.. yang model kayak gituan juga mesti diraguin tuh. Banyak yang ternyata anak-anak itu bukan anak mereka beneran. Banyak yang ternyata adalah anak sewaan.”

“Sewaan..?? Masa seeh ada yang segitunya..??”

“Yahh.. sad but true seeh emang.” Digi mulai ngelurusin duduknya. “Aku pernah baca ya dimana gitu lupa. Jadi ada yang pernah kena kasus, anaknya itu disewain sama pembantunya di rumah ke pengemis-pengemis itu. Dan baru ketahuan pas ada tetangga yang ngelapor.”

“Ahh.. yang bener. Ngga percaya ah..”

“Yah, terserah seeh.. Tapi itu emang fakta yang ada. Makanya aku ngga mau ngasih ke orang-orang kayak gitu.” Digi mendengus, agak meremehkan.

“Hey..!! Kamu ngga boleh gitu donk ah.. Ngga semua orang seberuntung kita kan di hidup ini..? dan.. mungkin mereka emang ngga punya pilihan lain.. Jadinya mereka ngejalanin hidup mereka ya kayak sekarang ini..”

Obrolan Digi sama pacarnya berhenti disitu. Mereka sama-sama sibuk sama pandangannya. Digi asik ngeliatin pemandangan di jalan yang mereka lewatin, dan pacarnya konsentrasi ngeliatin jalan.

Ngga kerasa udah siang, dan mereka berhenti buat istirahat sekaligus makan siang di sebuah rumah makan sederhana di jalan yang mereka lewatin.

Digi mijitin pacarnya sambil nunggu pesenan dateng. Rumah makan itu enak, modelnya bersaung, dan udaranya seger banget, karena mereka udah jauh banget dari pusat kota.

“Neng.. Minta sedekahnya, Neng..” Seorang Ibu tua, dengan benjolan besar di lehernya menghampiri Digi dan pacarnya. “Seikhlasnya aja, Neng..” Ibu tua itu masih meminta. Dia pake topi caping, kaos belel, dan buntelan kain yang ada di gendongannya. Dia nyodorin gelas plastik yang didalemnya ada beberapa recehan.

Pacarnya mencari recehan di dompetnya, dan ngasih ke Ibu itu setelah nemuin recehan. Ibu itu ngucapin terima kasih, dan pergi ke meja lain.

“Menurut kamu..” Kata Digi setelah Ibu itu agak jauh. “Kalo kita bantuin Ibu itu buat ngilangin benjolan di lehernya.. Hidupnya bakal lebih baik ga..?”

“Duh.. Jangan mulai lagi deh..”

“Ga pa pa.. Cuman sekedar nanya aja..”

“Menurutku sih lebih baik.” Jawab pacarnya setelah berpikir beberapa saat. “Kayaknya dia keliatan kesiksa banget tadi itu.”

“Hmmn.. Menurutku seeh ngga.” Kata Digi pelan.

“Kenapa gitu..?”

“Karena penyakitnya itu yang jadi modal dia buat dapetin penghasilannya selama ini.. kalo itu diilangin, dia mau kerja apa..? aku yakin kalo dia pasti ngga mau dioperasi.”

“Ahh.. kamu tuh. Terlalu banyak baca survei. Sampe-sampe ngga ngeliat dari sisi lain..”

“Sisi lain yang kayak gimana..?”

Tapi obrolan mereka terputus lagi. Karena pesenan mereka udah dateng. Dan mereka berdua asik makan. Setelah itu mereka langsung berangkat lagi nerusin perjalanan, karena kata pacarnya masih beberapa jam lagi buat nyampe tempat tujuan.

Di jalan, Digi masih sibuk sama pikirannya sendiri. Dari yang dia baca, dan denger. Kalo pengemis, gembel, tukang minta-minta, apapun lah itu namanya. Ngga semuanya pure kayak gitu. Maksudnya, ada yang emang mereka males nyari kerjaan lagi. Istilahnya adalah mentalnya mental orang miskin. Digi juga pernah baca artikel yang bilang kalo penghasilan anak jalanan dan pengamen di kota besar itu bisa lebih besar dari penghasilan lulusan sarjana. Ada lagi yang punya motor dan segala macam barang yang mungkin bisa dimilikin orang-orang biasa, dan semuanya itu didapet dari hasil mengemis. Pernah juga ada artikel yang ngebahas kalo ada pengemis yang berhasil jadi ‘bos’-nya pengemis, dan sekarang dia punya mobil yang harganya ratusan juta, rumah, plus ternak. Dan semuanya itu didapet dari hasil mengemis. Karena itu, Digi jarang banget ngasih-ngasih ke pengemis itu.

“Gi.. Malah ngelamun gitu sih kamu..?” Pacarnya ngebangunin Digi dari lamunannya. “Mikirin apaan sih..?”

“Ehhh.. Ngga.. Ngga mikirin apa-apa kok..” Kata Digi berbohong.

“Soal pengemis-pengemis tadi itu ya..?” Pacarnya bisa nangkep mata Digi yang nyembunyiin sesuatu.

Digi tersenyum lemah.

“Udahlah.. Ngga usah terlalu dipikirin. Toh kamu juga ngga ngebantu apa-apa kalo cuman mikirin aja. Mending lakuin sesuatu buat mereka..”

“Contohnya..?”

“Kamu suka sama anak-anak kan..?” Digi ngangguk pelan. “Nah.. nanti aku kenalin kamu sana anak-anak jalanan yang jadi anak asuhnya Papa. Nanti kamu bisa bantuin mereka belajar.”

Digi kaget. “Papa mu punya anak jalanan yang jadi anak asuh..??”

Pacarnya ngangguk dan tersenyum. Tiba-tiba Digi sadar kalo sebenernya pacarnya lebih tahu dari Digi soal ini. lebih tau karena dia emang beneran ngalamin, ngga kayak Digi yang cuman tau dari artikel dan bacaan. Digi jadi malu sendiri.

“Udah.. Ngga apa-apa.” Lagi-lagi pacarnya nangkep pikiran di mata Digi. “Aku masih inget lho cerita kamu soal anak kecil yang ngamen di bis malem itu. Dan pas aku denger ceritanya dari kamu, aku tahu, kalo kamu itu orang baik.”

Digi tersenyum lagi, dan semakin ngerasa ngga enak. Tapi kali ini dia berusaha buat ngga ngeliatinnya.

Ngga berapa lama mereka nyampe juga akhirnya. Ternyata pacarnya ngebawa mereka ke sebuah tempat di atas bukit. Bukit Cinta namanya. Disitu ada semacam rumah mungil. Kata pacarnya, keluarga mereka dulu suka ngabisin waktu disini. Sambil nikmatin matahari tenggelam. Dan bener aja, mereka nyampe ketika hari udah sore, dan matahari udah mulai tenggelam.

Mereka duduk berdua lesehan di beranda yang ngadep ke matahari tenggelam itu. Indah banget. Digi biasanya liat pemandangan kayak gini di foto-fotonya Rina, fotografer partner liputan dia. Foto-foto siluet matahari tenggelam. Itu aja Digi udah kagum banget ngeliatnya, dan sekarang dia bisa ngeliatnya langsung.

“Indah banget kan..” Pacarnya meluk Digi dari samping.

“Iya..” Digi ngejawab pelan sambil membalas pelukan pacarnya.

“Tunggu sampe nanti bener-bener tenggelam.” Bisik pacarnya sambil berdiri. Mau ngambil bekel yang mereka bawa tadi di mobil.

Pacarnya nyiapin semacam makan malam sederhana. Lengkap sama lilinnya. Wow.. Digi belon pernah diperlakuin seistimewa ini.

Sore udah berganti malam sekarang. Dan bener aja.. ada satu keindahan lagi yang muncul setelah sunset tadi. Digi ngga nyadar kalo ternyata bukit itu ada di atas deretan ratusan rumah penduduk di bawahnya. Dan ratusan lampu rumah yang dinyalain itu keliatan kayak tumpahan bintang di langit. Putih dan bersinar. Digi makin takjub sama apa yang dilihatnya.

“Gimana menurutmu..?” Pacarnya sekarang meluk dari belakang.

“Aku ngga tau harus ngomong apa..” Kata Digi jujur. Dia emang bener-bener ngga tau harus ngomong apa dengan semua yang dilhatnya. Pelukan pacarnya makin deket, karena angin malam udah dateng juga. Mulai dingin.

Tiba-tiba muncul sebersit pikiran di kepalanya. Pikiran yang tiba-tiba membuat perutnya ketarik. Pikiran yang muncul tiba-tiba tanpa dia duga.

Selama ini dia udah diperlakuin sebaik mungkin sama pacarnya ini. terlalu baik malah menurutnya. Dan dia baru sadar, kalo ngga ada yang kurang dari perempuan yang lagi memeluknya ini. Bahkan mungkin terlalu berlebihan untuk seorang Digi. Dan Digi ngerasa ngga pernah diperlakuin seistimewa ini sebelumnya..

Tapi.. Ini yang bikin perut Digi makin berasa.. Apa dia juga udah ngelakuin hal yang sama..?

4 komentar: