Sabtu, 31 Januari 2009

DIGI HARI: GALAU

10 SMS dan 20 MISSED CALLS

Digi ngeliat layar handphonenya. Malam itu dia baru aja pulang. Masuk kamar, lampu ngga dia nyalain, dan langsung tiduran, gelap-gelapan. Satu-satunya cahaya, cuman dari layar hp-nya aja.

Sambil ngelurusin punggungnya yang seharian di pake buat duduk dan berdiri, Digi mengatur nafasnya dengan pelan. Sambil ngeliatin layar handphonenya yang masih bertuliskan jumlah pesan dan dan telepon yang masuk tadi.

Pikirannya masih mengambang kemana-mana. Ngga tau kemana. Digi ngebiarin pikirannya melayang kemanapun dia pengen. Sampai akhirnya lampu layar handphonenya mati, dan dia ketiduran..


Beberapa jam sebelumnya..

Digi lagi ada di bandara. Bukan di bandaranya persis seeh.. tapi dia lagi ada di depan area lintasan pesawat. Tenang, dia ngga nekat sampe nongkrong di depan lintasan pesawat. Tapi di bandara di kotanya ini emang ada satu daerah luas yang persis ada di depan lintasan pesawat. Di depan pagar pembatas bandara.

Biasanya tempat ini kalo sore-sore rame didatengin sama penduduk dan orang-orang yang pengen ngeliat pesawat take off atau landing dengan lebih deket. Bener-bener deket, sampe suara bising mesin pesawat kedengeran jelas. Apalagi kalo ada pesawat yang mau mendarat atau terbang, itu rasanya bisa cuman sejengkal dari kepala kita. Sensasi yang seru banget.

Tapi malam itu udah ngga sore. Malam itu juga habis ujan. Jalanan aspal tempat Digi nongkrong di atas motor tuanya, juga basah. Rumput di atas lahan luas di depannya juga basah. Dan yang pasti malam itu gelap. Gelap dan sepi.

Cuman ada satu pemandangan yang mungkin indah kalo diliat dari sisi lain. Lampu lintasan pesawat yang nyala. Lampu bandara yang terang benderang. Dan lampu pesawat yang kedap-kedip. Plus kesibukan orang-orang di bandara yang malah jadi pemandangan yang asik.

Dan ini adalah tempat paling cocok buat Digi kalo perasaannya lagi ngerasa ngga nyaman. Gelisah ngga tau kenapa. Pikirannya entah mikirin apa. Galau.

Ngga tau kenapa juga Digi tiba-tba ngerasa kayak gini. Padahal hari ini juga ngga ada yang spesial buat Digi. Semuanya kayak hari-hari yang biasanya.

Kayak hari-hari yang biasanya..? oh ya..?


Pertama kali di pagi hari itu yang dikerjain Digi adalah ngurusin skripsinya. Dia harus ngerjain revisian proposalnya ke Mas Worry. Jam tujuh pagi janjiannya. Emang pagi banget, tapi ini permintaan Mas Worry, karena dia pagi-pagi juga masih ada acara lain. Dan Digi ngga punya pilihan lain, selain ngikutin. Namanya juga mahasiswa, udah kalah status duluan sama dosennya. He..

Jam tujuh kurang lima Digi udah nyampe di depan kantor jurusan. Kampus masih sepi banget, karena sekarang emang lagi jamannya ujian, jadi ngga banyak yang dateng. Lagian ujian juga biasanya dimulai jam setengah delapan. Cuman ada Pak Engkus yang lagi mondar-mandir bersihin kantor jurusan.

“Eh, Gi.. Tumben pagi-pagi udah sampe sini..” Pak Engkus yang baru nyadar ada Digi, menyapanya.

:Biasa, Pak.. Skripsi.” Kata Digi singkat. Dia masih ngantuk.

“Wahh.. bentar lagi lulus dong.” Pak Engkus tersenyum.

“Amin. Amin.” Digi masih ngantuk.

“Yah.. Kok ngantuk gitu, Gi..? Mau dibikinin teh manis anget..? lumayan biar ga ngantuk. Sambil nunggu..” Pak Engkus nyadar juga kalo nyawa Digi belum ngumpul semuanya.

“Enggak usah, Pak. Makasih. Bentar lagi juga dosennya dateng paling. Janjian jam tujuh soalnya.” Digi menolak halus.

“Ya udah.. Kalo mau teh manis, tinggal kebelakang aja. Bapak ada disana. Ya..?” Kata Pak Engkus sambil pergi. Pak Engkus emang ramah. Mahasiswa yang rata-rata kuliahnya lama, kayak Digi ini, pasti jadi lebih kenal sama Pak Engkus.

Digi ngeliat jam di tangannya. Udah jam tujuh lebih 10 menit. Ngga biasanya Mas Worry telat kayak gini. Kemana dia ya..? Digi nyoba sms Mas Worry.

10 menit udah nambah lagi, tapi Mas Worry masih belum dateng juga. Sekarang Digi makin ga tenang. Kalau hari ini dia ga jadi bimbingan, ngga jamin kapan lagi mood-nya bisa ngumpul lagi buat ngerjain skripsinya. Tiba-tiba ada suara langkah di tangga, ini kali Mas Worry baru dateng. Tapi koq bunyinya kayak sepatu hak tinggi..?

Mba Serry ternyata, sekertaris jurusan. Digi nyender lagi di kursinya.

“Hey, Gi..” Mba Serry nyapa Digi waktu mau masuk ke kantor jurusan. “Nungguin siapa..?”

“Hai, Mba..” Digi bales nyapa Mba Serry. Umurnya masih muda, 25-an. Lumayan cantik. Tipikal wanita karier gitu deh. Dan pastinya disukain mahasiswa yang sering berurusan sama jurusan. Mungkin cuman dia daya tarik jurusan buat mahasiswa. “Nungguin Mas Worry, Mba. Bimbingan.” Kata Digi sambil nunjuk map plastik biru isi proposal skripsinya.

“Ohh.. Belum dateng ya? Ya udah tungguin aja dulu.” Mba Serry tersenyum dan masuk ke kantor jurusan.

Digi ngecek hp-nya. Masih belum ada jawaban juga dari Mas Worry. Duh.. padahal dia udah berharap banget bisa bimbingan. Mumpung moodnya lagi bagus buat ngerjain skripsi ini.

Jam setengah delapan. Digi masih sendirian aja di depan kantor jurusan. Ujian udah dimulai di kelas-kelas. Sebelumnya banyak anak-anak yang buru-buru masuk ke ruangan ujian. Ngga ada satupun yang dikenal Digi. Jadi sadar, dia udah kelamaan di kampus, sampe ngga kenal lagi ade angkatannya yang mungkin udah beda berapa tahun sama dia.

Hp tasnya bergetar. Jawaban dari Mas Worry kali.. Digi ngecek hp-nya, ternyata bukan. Hp-nya getar karena batterenya mau abis. Low batt. Semalem lupa nge-charge. Hufh.. Digi mulai bete nunggu.

Tiba-tiba Mba Serry muncul di pintu kantor jurusan. “Gi.. Tadi Mas Worry nelpon. Katanya dia ada urusan mendadak ke luar kota. Dan dia minta disampein ke kamu, kalo bimbingannya diundur lagi aja. Nanti kamu disuruh ngehubungin dia kalo dia udah pulang.”

Digi lemes dengernya, “Sampe kapan, Mba dia perginya..?”

“Katanya sih beberapa minggu.”

Damn!! Digi mengutuk di dalem hatinya. Gini neeh kalo dosen udah pada kebanyakan proyek. Jadi lupa sama tugas sebenernya. Jadi lupa kalo mereka punya tanggungan banyak mahasiswa.

Emang seeh kalo mau ada pembenaran, gaji dosen emang ngga seberapa, apalagi dosen kampus negeri. Makanya pada mroyek kesana-sini. Sampe akhirnya bisa diitung jari, berapa kali mereka keliatan di kampus. Tapi emang urusan mahasiswanya kalo gaji dosen kecil..?

Belum lagi kalo dosen-dosennya udah pada dapet beasiswa buat ngelanjutin sekolah mereka. Tambah lagi bakalan ngilang dari kampus. Ada yang bilang jadi dosen emang buat dijadiin batu loncatan biar dapet beasiswa dari kampus. Makanya banyak temen angkatannya Digi yang pengen banget jadi dosen. Minimal dimulai dari asisten dosen lah. Ckckck..

Kalo udah mulai kurang pengajar gini, jadi aneh rasanya bayar kuliah mahal-mahal. Dosen pengganti biasanya dosen-dosen muda yang baru lulus, dan belum punya banyak pengalaman. Atau kalo ngga, dosen-dosen tua yang dinilai udah ngga produktif lagi buat diajakin proyek. Walah..

Digi udah kepalang kesel, dan akhirnya dia mutusin buat pulang. Di jalan dia nyoba nelpon pacarnya. Mau numpahin semua kekesalannya. Tapi ngga ada jawaban. Dia coba sms. Tapi ngga ada balesan juga. Pending malah. Dia nyoba nelpon lagi, tapi sekarang hp pacarnya malah ngga aktif.

“Duh.. Kemana seeh dia? Giliran dibutuhin kayak gini malah ngga ada??!!” Digi mulai ngedumel sendiri. Nyoba nelepon pacarnya lagi, tapi batere hp-nya udah ngga kuat, dan akhirnya mati.

“Huh..” Digi ngelempar hp-nya ke dalem tasnya. Dan mutusin buat pergi. Ngga tau kemana..


Jhiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnngggggggggggg..

Suara pesawat yang baru aja take-off ngebangunin Digi dari lamunannya. Pesawat itu ternyata gede banget kalo diliat dari bawah langsung. Dan amaze banget, dia ada di bawah persis pesawat itu waktu terbang. Suara bisingnya emang bener-bener bikin berisik. Tapi justru itu yang bikin seru. Kadang kalo pas ada pesawat yang lewat, Digi suka teriak sekenceng-kencengnya, nyoba ngalahin suara pesawat itu. Ngga mungkin emang. Tapi setidaknya itu bikin sedikit lega. Bikin bebannya kebawa teriakannya. Walaupun kadang abis itu balik lagi.

Tadi dari kampus dia ngga langsung pulang. Dia terlalu kesel buat balik ke kost dan ngga tau harus ngapain. Ke kantor juga ngga tau mau ngapain karena emang lagi sepi order belakangan ini. Akhirnya dia muter-muter ga jelas dan mampir ke kost salah satu temennya. Tapi ternyata temennya ini juga lagi stress.

“Aduh.. Orang-orang itu emang pengen tau aja ya urusan orang..?” Setho, temen yang kost kost-annya disamperin Digi, malah ngeluh waktu Digi nyampe.

“Orang-orang siapa..?” Kata Digi, duduk di kasur.

“Ya orang-orang..” Setho ngulang kata-katanya. “Orang-orang itu. Pantesan aja artis banyak yang stress kalo dikejar-kejar infotainment karena gossip. Gw aja yang bukan artis stress dikejar-kejar.”

“Lo di kejar siapa seeh..??” Digi masih ngga ngerti topik yang diomongin sama Setho.

“Orang-orang itu, Gi! Orang-orang itu!!” Setho, yang cuman pake kaos oblong tipis putih dan boxer item, ngebalikin badannya ke arah Digi. “Orang-orang itu.. bisanya cuman nanyain kapan gw lulus?” Setho mendengus kesel. “Kapan gw lulus? Gw aja ngga tau. Koq nanya?!!”

Digi sadar, kalo dia dateng di waktu yang salah.

“Entar kalo gw udah lulus, ditanyain kapan kerja. Entar kalo udah kerja, ditanyain kapan udah punya pacar. Udah punya pacar, ditanyain kapan nikah. Udah nikah, masih juga ditanyain kapan punya anak. Eh.. udah sampe punya anak, entar pasti ditanyain, “Katanya mau cerai ya?” Dan pasti bisanya cuman ngasih saran-saran doang!! Ahhh.. orang-orang itu!!” Setho ngerebahin badannya di kasur. Setelah agak tenang, dia nanya, “Tumben ke sini sore-sore. Ada apa..?”

Digi ngga ngejawab, cuman tersenyum. Orang-orang. Emang udah sifat dasar manusia kayaknya, pengen tau aja urusan orang lain. Tapi ya cuman pengen tau aja. Cukup sampe disitu. Jangan berharap lebih.


Jhiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnngggggggggggg..

Sekarang suara pesawat mendarat yang ngebangunin Digi dari pikirannya. Digi ngelirik hanphonenya. Masih mati. Jam di tangannya udah nunjukin angka 10. udah lumayan lama juga dia disitu sendirian. Saatnya pulang kalo gitu.

Pikirannya masih kemana-mana. Perasaannya masih ngga nyaman. Dia perlu seseorang yang bisa nenangin dirinya. Tapi tiba-tiba semua orang menghilang..


11 SMS dan 20 MISSED CALLS

Digi kebangun ketika mendengar suara sms masuk dari hp yang lagi dicharge di samping kasurnya. Dengan setengah tidur, dia membaca sms yang masuk. Dari pacarnya.

“Maaf, Gi.. Hp-ku ketinggalan. Dan memang low batt. Jadi aku baru baca smsmu tadi. Aku baru pulang beberapa jam yang lalu. Aku seharian pergi, ada tugas kuliah dari dosenku, jadi aku seharin ngerjain tugas diluar. Dari tadi aku sms kamu pending semua. Aku telepon kamu juga ngga aktif. Kamu baik-baik aja?? Aku khawatir..”

Digi hanya membaca sms itu sekali, dan tidur lagi..

4 komentar:

  1. kok jadi ikut bad mood baca soal skripsi tadi ;(

    BalasHapus
  2. santay..
    ntar ada juga koq cerita soal good mood..

    tapi kapan ya..??
    hahaha..

    BalasHapus
  3. sampe segituhnya ya? hemm...
    jadi ngerasain moodnya anak2 yg ditinggal dosen pembimbingnya niy...

    keren.palagi bagian pesawatnya ^^

    BalasHapus
  4. @gue suka kuning:

    he..
    bersyukurlah buat mahasiswa y lancar2 aja pas ngerjain skripsinya..

    buat bagian pesawatnya.. boleh lho d coba (tapi resiko tanggung sendiri yaa, hehehe..)

    BalasHapus