Sabtu, 03 Januari 2009

DIGI HARI: I WANT TO BELIEVE

Persis di depan meja Digi, ada sepasang, atau dua pasang anak muda tepatnya. Kayaknya seeh semester tiga kuliah. Selain keliatan dari tampang mereka, penampilannya juga meyakinkan. Meyakinkan kalo mereka emang anak-anak muda yang hobinya nongkrong di cafe. Kayak cafe yang Digi datengin malem ini. kayaknya juga mereka lagi dalam rangka double date. Kalo yang ini keliatan dari gesture mereka.

“Dari gesture..? Ah, sok tau lo.. Masa lo bisa tau mereka pacaran atau temenan, cuman dari gesture mereka..?” Suatu kali Digi lagi minum teh anget di warung pinggir jalan sama salah satu temen kuliahnya. Kebetulan waktu itu banyak banget pasangan yang lewat sambil boncengan motor. Dan Digi, sok pede kalo dia bisa nebak yang boncengan itu pacaran atau cuman temen.

“Beneran.. Ga percaya kan lo..? Ntar gw buktiin.. Qta tungguin dulu yang lewat.” Digi nyeruput teh anget manisnya. Mungkin teh manis panas lebih tepatnya.

“Ah.. Gw tetep ga percaya!!” temennya masih keukeh. Tapi dia tetep ngeliat ke jalan juga. Nunggu ada pasangan yang lewat. “Nah.. yang itu gimana?”

“Yang itu..?” Kata Digi sambil ngangguk ke arah pasangan cowok cewek yang naik motor cowok. Motornya jalannya pelan-pelan. Dan shock belakangnya di tinggin, jadi posisi si cewek mau ngga mau condong ke depan. “Jelas mereka pacaran. Lo liat aja deh.. si cewek udah meluk gitu dari belakang. Trus jalannya pelan-pelan lagi. Apa namanya kalo bukan pacaran..?”

“Wah.. iya juga ya. Tapi bentar.. itu mah emang keliatan banget kalo gw pikir-pikir.” Masih tetep ga percaya juga dia. “Gw masih ga percaya bener. Kita tunggu yang lainnya.”

“Ok ok.. tungguin aja..” Digi ngambil gorengan bakwan yang baru aja di taro di piring di depan mereka.

Sekarang lewat satu motor bebek hitam, jalannya lumayan cepet. Dan tetep pasangan cowok cewek. “Nah.. kalo yang itu statusnya mereka apa..??!!”

“Cuman temenan kok.” Digi nelen gorengan bakwannya tiba-tiba. Karena agak kaget, tau-tau temennya langsung nanya. Setelah ketelen, Digi ngelanjutin ceritanya, “Liat aja.. Si cewek agak kebelakang duduknya. Ngga mepet sama si cowok. Lagian masa lo ga liat. Tas si cowok kan ada di belakang. Kalo mereka emang pacaran, pasti tasnya udah di depan. Biar ngga ngalangin gitu, hehehe..” Digi nyengir. “Masih ga percaya lo..?”

“Ngga.. satu lagi deh ya.”

“OK.. tapi ini terakhir ya. Dan lo mesti yang bayarin semua yang gw makan dan minum.. ok..??”

“Iya, iya.. gampang itu. Satu lagi. Ntar gw cariin dulu.”

Lewat lagi satu motor putih. Cewek cowok. Pelukan kenceng banget, padahal ngga ngebut motornya. “Nah.. kalo yang kayak gitu, pasti mereka pacaran! Ya kan, ya kan..?!”

Digi geleng-geleng kepala, “Ngga.. ngga.. mereka ngga pacaran koq. Cuman temenan biasa. Tapi mereka emang deket banget. Jadi biasalah kalo kayak gitu. Tapi yang pasti mereka temenan.”

“Lho kok bisa..? Kan mereka udah pelukan kenceng gitu..??”

“Bisa ajalah. Orang gw kenal sama mereka. Mereka temen main gw. Hahaha.. dah, bayar sana..!!” Digi ketawa ngakak. Temen kuliahnya ini emang gampang banget di becandain. Udah gitu lemot pula. Komplit lah jadinya.

Digi senyum-senyum sendiri. Pasangan double date itu mulai makan makanan mereka. Kayaknya seeh udah pada kenal deket sama masing-masing pasangan temennya. Ngga tau deh siapa temennya siapa.

“Mau pesen apa, Mas..?” Tiba-tiba waiter cafe itu nyodorin menu ke Digi.

“Hah..??!” Digi kaget. Tau-tau ada orang disebelah dia. “Ehh.. Coffee Latte aja deh, Mas..” itu yang pertama keluar dari kepala Digi.

“Itu aja, Mas..?” Digi ngangguk. “Ok. Coffee Latte satu ya, Mas.. ditunggu.. Terima kasih.”

“Sama-sama, Mas..!!” Yang diucapin makasih yang sekarang kaget, denger suara Didi yang setengah teriak. Tapi Digi malah nyengir.

Digi mulai ngeliat-liat sekelilingnya lagi. Lumayan rame juga tempatnya. Malam minggu soalnya. Pantes..

Perhatian Digi tiba-tiba berenti di sofa di ujung ruangan. Sofa merah empuk. Meja cokelat kaca ada di tengahnya. Disana lampunya emang agak redup. Jadi emang enak buat mojok.

Digi senyum-senyum sendiri.

Disana ada anak muda, kalo yang ini kayaknya emang lagi niat buat mojok beneran, seumuran SMA kayaknya. Masih kecil-kecil banget soalnya. Ya muka, ya badannya. Si cowok kayaknya lagi berusaha buat ngomong sesuatu ke cewek itu. Abis dari tadi diperhatiin, tangannya sibuk ngaduk-ngaduk minumannya. Dan kadang curi-curi pandang ke cewek di depannya yang nunduk terus. Malu.

Tiba-tiba mulut mereka ngebuka barengan. Kayaknya dua-duanya mau ngomong. Tapi jadinya barengan.

“Kamu dulu deh yang ngomong..” Kata si cowok, agak malu.

“Ngga ah.. Kamu dulu aja..” Si cewek lebih malu lagi.

Digi nahan ketawanya. Geli. Ternyata jaman sekarang masih ada aja yang kayak model gini. Model Rano Karno waktu muda kalo lagi pacaran. Sambil nahan ketawanya, Digi masang kupingnya, pengen denger apa yang bakal diomongin mereka.

Si cowok yang mulai sekarang. “Hmnn.. Kamu.. Kamu..”

“Iya..?” Si cewek malu-malu ngejawab.

“Aku.. aku..” Sekarang yang cowok makin gelagapan. Grogi.

“Iyyaa..?” Yang cewek sekarang makin malu mukanya. Tapi diem-diem ngeliatin si cowok.

“Kamu.. mau.. ehhhh.. aku.. sebenernya..” Si cowok mulai keliatan keringet dinginnya.

Si cewek diem aja, tapi masih curi-curi pandang.

“Sebenernya.. selama ini.. aku.. ahhh..” SI cowok narik napas panjang, nyoba nenangin diri. Abis dia agak tenang, “Kamu.. mau..”

“Permisi, Mas.. ini pesenannya. Satu Coffee Latte..” Si waiter tadi muncul lagi, dan ngebuyarin konsentrasi Digi.

“Hah..?? Oh iya, iya.. terima kasih.” Digi kaget lagi. Tadi lagi serius nguping, tiba-tiba buyar langsung. “Terima kasih” Kata Digi sekali lagi. Si waiter tadi tersenyum, dan ninggalin Digi.

Digi nengokin pandangannya ke arah cowok cewek tadi. Tapi mereka sekarang udah ketawa-ketiwi, duduknya udah deketan, dan udah pegangan tangan.

“Ahhh.. lewat deh momennya tadi!!” Kata Digi kesel. “Huh!! Padahal bagus banget tuh.. jarang-jarang dapet tontonan kayak gitu.” Digi nyenderin badannya di kursi, dan menyeruput pelan minumannya.

Masih nyayangin dia kelewatan tontonan yang lebih real daripada reality showtouch. Jadi yang namanya reality show ngga bener-bener real. Udah di skenarioin. yang sekarang lagi banyak di tv-tv. Tapi Digi percaya sama omongan, ngga ada yang nyata kalo udah masuk di tv. Semuanya udah kena

“Hhhhh..” Digi meminum pelan minumannya, masih kesel karena kelewatan momen tadi. Buat ngilanginnya, Digi mulai nyisir pandangannya lagi cafe di itu.

Tempatnya lumayan cozy juga. Ornamennya ngga terlalu modern. Dominan batu bata, yang ngga di plester di tembok. Lampu-lampunya ada di tiap meja. Dan ngga terlalu terang. Yang paling keren mungkin lukisan gede banget, backgroundnya item, dan cuman ada tulisan “I Want To Believe” warna putih di tembok belakang kasir. Jadi inget sama Martin Luther King, atau malah Barack Obama..? He..

Suara ketawa ketiwi yang lumayan kenceng, narik perhatian Digi. Di belakangnya, sekitar dua-tiga meja jaraknya, ada lima anak muda, tiga cowok dan dua cewek, yang lagi rame banget. Yang bikin Digi heran, mereka ngga keliatan rame ngobrol, karena di depan mereka masing-masing ada laptop. Dan lima-limanya asik sama laptop mereka. Trus mereka ngetawain apa..?

Penasaran, Digi berdiri dari kursinya dan berjalan ngehampirin meja itu. Niatnya ke toilet, kebetulan di belakang meja itu emang jalan ke toilet. Sambil curi-curi pandang, Digi lewat di depan meja mereka.

Lima anak muda itu masih senyum-senyum juga ngeliatin laptop mereka masing-masing. Dan pas lewat, Digi jadi paham kenapa mereka kompak ketawa, walaupun yang diketawain beda-beda. Yang pasti ada yang buka Friendster, dan ketawa ngebaca comment-comment yang masuk. Ada juga yang ketawa karena lagi chatting, ada juga yang ketawa karena ngeliat update-an foto di Facebook. Yang bikin Digi tambah geleng-geleng kepala, ada yang niat banget nonton film di laptopnya, sampe bawa headphone segala.

“Wah, wah, wah..” Komentar Digi. Di dalem hati pastinya.

Lucu juga ya anak jaman sekarang. Anak-anak generasi laptop. Padahal mereka semua datengnya tuh barengan. Kirain dateng ke coffee shop buat ngobrol bareng, ngga taunya malah asik sendiri sama dunianya masing-masing. Dulu yang namanya warung kopi (atau bahasa inggrisnya coffee shop), pasti jadi tempat buat ngobrol selama-lamanya yang dipengenin sama temen-temen. Ketawa-ketawa bareng, dan cerita macem-macem.

Jangan-jangan, anak jaman sekarang ini lebih banyak punya temen di dunia maya, dibanding di dunia nyata. Mungkin aja seeh.. coba liat aja account temen mereka di situs pertemanan kayak gitu. Berapa persen yang emang bener-bener dikenal? Apalagi kalo yang jumlah temennya udah nyampe ribuan. Wow!! Kalo emang beneran kenal semua, bisa jadi potensi yang cocok banget buat bikin MLM tuh. Hehehe..

Digi udah balik di kursinya lagi. Coffee Latte-­nya udah tinggal setengah. Makin malem makin rame aja tempat ini.

Ada yang asik main catur di pojokan di depan Digi. Ada juga yang seru banget main kartu, cekakak cekikik. Ada juga yang emang niatnya makan dateng ke sini. Ada juga yang lagi gelisah dari tadi ngeliatin jam terus di tangannya. Kayaknya seeh dia nungguin seseorang, yang pastinya udah telat banget datangnya. Matanya ganti-ganti pindah dari jam di tangannya, terus tiga handphone di atas mejanya. Satu-satu dicek terus hp-nya itu. Bener-bener gelisah banget orang itu. Belum lagi kalo ngeliat puntung rokok yang udah hampir menuhin asbak di mejanya. Tapi dua gelas minuman masih utuh. Hmmn.. nungguin siapa dia sampe segitunya ya..?

“Hei..!! ngelamun aja, Gi..” Suara perempuan di belakangnya ngagetin Digi. “Maaf ya, lama.. Tadi tiba-tiba Mama minta dianterin dulu ke rumah Tante.”

“Ngga apa-apa kok..” Digi tersenyum. Yang dia tungguin daritadi akhirnya dateng juga.

“Maaf ya..” Kata Pacarnya sambil mencium pipi kiri kanan Digi.

“Ngga apa-apa kok. Kadang-kadang boleh juga nungguin kamu. Biasanya kan aku yang bikin kamu nunggu.” Cengir Digi. Dia ngasih menu setelah pacarnya duduk di depannya. “Kamu mau pesen apa..?”

“Apa aja deh.. yang seger. Agak macet tadi di jalan. Jadi haus.. Dan laper juga.” Kata pacarnya sambil meringis jail. Tumbun-tumbenan dia mau makan malem kayak gini.

Digi ngambil menu, dan ngeliat daftar menu. Mumpung pacarnya mau makan, berarti harus dipesenin yang spesial dan banyak porsinya. Senyum jail Digi keliatan selintas.

“Heh..! Senyum-senyum sendiri..!!” Digi pura-pura ngga denger.

Di belakangnya, lima anak muda yang sibuk nge-laptop tadi masih rame juga ketawa. Pasangan anak SMA yang kayaknya baru aja jadian tadi makin lengket dan deket aja duduknya. Di depan meja Digi, pasangan yang lagi double date tadi sekarang lagi asik main kartu. Sambil sesekali ketawa-ketawa seru.

4 komentar:

  1. iiii....digi mo tau aja urusan orang...
    klo orang2 itu tau km merhatiin mrk,,bisa2 km babak belur tuch dikeroyokin... huakakakakkk...!!!

    BalasHapus
  2. hihihi..
    bukan salah kupingnya..
    kebetulan aja emang pas ngadep k sana kupingnya..
    he..

    BalasHapus
  3. Cerita kesahiran yang simple dan enak banget di baca. Keren.

    BalasHapus
  4. thx mas..
    aku suka foto mas y bapak2 lagi poop..
    hehehe..

    bisa aja dapet momen kayak gitu..

    BalasHapus